Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hujan Semalaman Tebing Setinggi 8 Meter di Menawan Longsor

MuriaNewsCom, Kudus – Hujan lebat mengakibatkan longsor di Dukuh Kambangan Genting, Desa Menawan RT 05/RW 05 Kecamatan Gebog, Kudus, Kamis (11/1/2018). Meskipun menimpa sebuah rumah, namun tak menyebabkan kerusakan parah.

“Tanah longsor tersebut tak menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala BPBD Kudus Bergas Catursari Penanggungan.

Adapun rumah yang terkena adalah milik Subari. Kerusakan dialami pada dapur dinding yang retak dan kompor gas serta sepeda yang tertimbun material longsor.

Penyebabnya adalah tanah yang berada setinggi 7-8 meter longsor tak kuat menahan air hujan, yang berlangsung semalaman. Kejadian itu sudah ditangani oleh warga dan relawan yang melakukan pengerukan material longsor.

Lebih lanjut ia mengimbau, agar warga yang tinggal didaerah rawan longsor supaya pro aktif dalam pencegahan dan penanggulangan risiko bencana. Terutama pada saat cuaca hujan seperti ini.

“Warga kami imbau proaktif menanggulangi bencana yang ada disekitar, dengan melakukan pemetaan daerah rawan bencana misalnya,” ungkapnya.

BPBD Kudus juga telah melakukan sosialisasi dan pembekalan keilmuan pada daerah yang rawan terkena longsor.

“Selain daerah Menawan, Rahtawu juga rawan (longsor) untuk itu kami telah membekali mereka dengan pengetahuan kebencanaan dan memulai untuk membuat desa tangguh bencana. Di Kambangan sendiri sudah memiliki Satgas Penanggulangan bencana. Sudah diberi latihan oleh kami,” pungkas Bergas‎.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...