Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Petani Jakenan Kidul Pati Penen Raya

0 667

MuriaNewsCom, Pati – Ribuan petani di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Pati, melakukan panen raya, Kamis (11/1/2017). Panen raya dilaksanakan oleh kelompok tani, Kodim Pati, Polsek Margorejo, dan pejabat dari OPD Pemkab Pati.

Ketua P3A Sumber Makmur Desa Jambean Kidul, Kamelan mengatakan, penen raya dilaksanakan di lahan persawahan seluas 200an hektare. Jumlah tersebut baru separuh dari jumlah lahan yang dimiliki kelompok tani Sember Makmur

“Sebenarnya lahan pertanian di sini mencapai 400an hektare lebih. Namun yang sudah tua dan siap panen baru sekitar 200an hektare,” katanya kepada MuriaNewsCom usai pelaksanaan panen raya.

Ia menyebutkan, pelaksanaan panen raya kali ini dilakukan dengan cara dua cara. Pertama menggunakan mesin panen combine dan kedua menggunakan alat jenis blower.

Untuk combine, kata dia, digunakan untuk lahan yang tidak berlumpur dan lahan lapang. Sisanya menggunakan alat blower. Khususnya untuk lahan pertanian yang sulit dijangkau.

Penyuluh pertanian Desa Jambean Kidul, Halim menambahkan jumlah persis lahan pertanian yang ada di Desa Jambean Kidul mencapai 421 hektare. Dengan luasan tersebut, merupakan wilayah pertanian yang sangat luas, khususnya di tingkat kecamatan.

“Di sini ada tujuh kelompok tani. Dan panen raya dilaksanakan disini selain luas, karena disini merupakan wilayah Pati yang panen lebih awal ketimbang wilayah lainya, ungkap dia.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.