Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Waduh, Tanggul Sungai SWD II di dekat Bendung Bumpis Jepara Longsor

MuriaNewsCom, Jepara – ‎Tanggul Sungai Serang Welahan Drainage (SWD) II yang ada di dekat bendungan Bumpis, Desa Gerdu, Pecangaan longsor.  Untuk sementara, pemerintah desa setempat memasang tanggul darurat.

Adapun kondisi longsoran, memiliki panjang hingga empat meter dengan kedalaman sekitar setengah meter. Akibatnya, banyak warga yang memiliki sawah di sekitar longsoran ketar ketir saat hujan lebat tiba.

“Tanggul longsor sudah terjadi sejak November lalu. Namun belum mendapatkan perbaikan serius,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara, Pujo Prasetyo Rabu (10/1/2018).

Agar langkah penanganan berlangsung cepat, ia menyarankan pemdes untuk melakukan pengajuan proposal kepada instansi terkait, yakni BBWS. Hal itu mengingat kondisi debit air di SWD II deras terutama saat musim penghujan seperti ini.

Ia menyebut, yang dibutuhkan untuk perbaikan sementara adalah karung plastik. Selain itu, untuk memperbaikinya, diperlukan alat berat.

“Jika tidak segera diperbaiki kami mengkhawatirkan tanggul ambrol dan air dari sungai tersebut tumpah ke area persawahan warga. Selain itu kandang ternak milik warga juga terancam,” tuturnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...