Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mulai Dibangun, Pabrik Semen Grobogan Ditarget Rampung Tahun 2020

MuriaNewsCom, GroboganKeberadaan pabrik semen di Grobogan dalam waktu dekat bakal terealisasi. Hal ini seiring sudah mulai dilakukannya pembangunan pabrik PT Semen Grobogan (SG) mulai awal tahun 2018 ini.

Lokasi pabrik semen ini berada di dua wilayah desa yang berada di Kecamatan Tanggungharjo. Yakni, Desa Sugihmanik dan Kaliwenang.

Rencana pendirian pabrik SG itu sudah dimulai cukup lama. Yakni, diawali dengan serangkaian penelitian lapangan di kawasan tersebut sejak tahun 1992 lalu. Pembangunan pabrik semen sempat tertunda akibat krisis moneter tahun 1997.

Setelah krisis berlalu, investor melanjutkan pengurusan izin kembali. Proses perizinan telah rampung pada tahun 2016.

Pabrik semen tersebut memiliki beberapa blok penambangan batu gamping Maskumambang seluas 41.36 hektare, Blok Watudukun dengan luas 199.30 hektare dan Blok Candrageni seluas 650 hektare. Sedangkan lokasi yang digunakan untuk pabrik luasnya sekitar 54 hektar.

General Manager PT SG Toni Santoso menyatakan, pembangunan pabrik ini semula dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2016. Namun, realisasinya baru terlaksana pada awal tahun 2018 karena ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dulu.

Proses pembangunan pabrik semen dilakukan secara bertahap. Dalam enam sampai tujuh bulan kedepan fokusnya adalah pembangunan fondasi tapak pabrik. Kemudian, diteruskan pembangunan konstruksi bangunan serta pemasangan alat berat unuk produksi semen.

”Pembangunan pabrik butuh waktu sekitar 2,5 tahun. Kita targetkan pada tahun 2020 pabrik sudah mulai beroperasi. Investasi secara pendirian pabrik mencapai 300 juta US Dollar,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...