Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awas! Penderita TB di Jepara Capai 2.292 Kasus di Tahun 2017

MuriaNewsCom, Jepara – Selain penyakit HIV-AIDS yang menjadi momok bagi Kabupaten Jepara, penyebaran penyakit Tuberculosis (TB), di Bumi Kartini juga perlu diwaspadai. Tahun 2017 kemarin ditemukan 2.292 kasus TB positif di Jepara.

Hal itu terungkap saat audiensi antara Community TB HIV Care Aisyiyah Jepara bersama Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, di ruang kerja bupati, Senin (8/1/2018). Muhammad Arief Koordinator Program Community TB HIV Care Aisyiyah Jepara, mengatakan, penanggulangan TB perlu dilakukan dalam lintas sektoral.

“Butuh keterlibatan lintas sektor baik dari unsur masyarakat maupun pemerintah, selain itu butuh payung hukum berupa perbup atau perda penanggulangan TB, agar dapat berkelanjutan di Jepara,” ujarnya.

Ia menambahkan, perlunya penambahan kader TB yang mencakup seluruh kecamatan di Jepara. Saat ini menurutnya, pelatihan kader TB yang dilakukan oleh Aisyiyah baru menjangkau 10 kecamatan. Terkait dana, dirinya meminta agar upaya komunitas ini dalam menjaring penderita TB dapat terus dilakukan.

“Butuh dukungan penganggaran yang berkelanjutan, karena prestasi ini (menemukan penderita TB) berkat dukungan dari donor Global Fund kepada kami (aisyiyah) tahun 2017. Namun untuk tahun 2018 banyak anggaran kegiatan yang dipangkas dan diharapkan dapat dilanjutkan oleh Pemkab Jepara,” tambahnya.

Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) DKK Jepara dr. Fakhrudin, mengatakan terdapat 2.292 kasus baru di tahun 2017. Sementara di tahun 2016 hanya ditemukan kasus positif TB 613 kasus.

“Penyakit ini sangat mudah menular dan pengobatannya sangat mahal dan lama,” terangnya

Adapun, TB disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular lewat udara yang berasal dari percikan bakteri ketika penderita TB positif bersin, batuk atau bicara. Satu orang positif TB dapat menulari 10 orang disekitarnya.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, akan segera berkonsultasi dengan bagian hukum setda Jepara untuk membentuk perda. “Penyakit ini sangat membahayakan, perlu perhatian serius. Jika memang memungkinkan kita akan terbitkan perbup penanggulangan TB,” janjinya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...