Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pilgub Jateng : PKB Ngotot Minta Jatah Cawagub

0 833

MuriaNewsCom, Semarang – Dinamika politik jelang pendaftaran pasangan calon gubernur/wakil gubernur Jateng semakin memanas. Terlebih PDIP yang dijadwalkan mengumumkan jagonya pada Kamis (4/1/2018) ternyata batal, dan baru akan diumumkan sehari mejelang pendaftaran calon di KPU Jateng.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ngotot meminta jatah cawagub untuk kadernya. PKB menginginkan kader PKB digandeng entah dari kubu PDI Perjuangan, Sudirman Said (Gerindra, PAN PKS), ataupun poros tengah (PPP, Demokrat, Golkar).

Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengemukakan, DPP PPP saat ini masih aktif berkomunikasi dengan pimpinan partai lain guna menentukan arah koalisi pada pilgub mendatang.

“Pimpinan PKB sedang komunikasi intens untuk menentukan kita mau berkoalisi dengan siapa. Prinsipnya kami ingin menempatkan kader sebagai cawagub,” katanya kepada wartawan.

Ia menyebut, PKB saat ini telah membentuk tim komunikasi untuk melakukan lobi dengan partai-partai lain. Selain itu pihaknya juga menugaskan beberapa orang kiai untuk melakukan salat istikharah. “PKB memiliki tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Semoga membawa berkah,” katanya.

Gus Yusuf mengatakan pihaknya juga tengah menyiapkan figur yang akan diusulkan sebagai cawagub. Figur itu nantinya merupakan hasil komunikasi dari tim dan hasil istikarah para kiai.

Ia juga mengakui pernah dikunjungi Sudirman Said dan diminta untuk menjadi cwagub mendampingi mantan Menteri ESDM tersebut. Namun ia belum memberi keputusan, dan menyerahkan keputusan ajakan tersebut kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. “Yang itu juga menunggu istikharah,” tegasnya.

Pendaftaran pasangan calon gubernur/wakil gubernur sendiri akan dibuka 8 sampai 10 Januari 2018. Pendaftaran dibuka pada jam 08.00 – 16.00. Khusus untuk tanggal 10, pendaftaran akan ditutup pada pukul 12 malam.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.