Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hadiah Tahun Baru, Jepara Bikin Mal Elektronik untuk Pasarkan Produk Lokal

MuriaNewsCom, Jepara – Mal itu diberi nama “MallJepara.com” sebuah laman jual beli online (daring) yang memuat barang-barang khas Jepara. Layanan itu dilaunching kepada khalayak tepat pada malam pergantian tahun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jepara Inah Nuroinah menyebut, pada laman tersebut kini ada 30 pengusaha skala kecil menengah dan mikro. Adapun produk yang tersedia bermacam rupa, mulai dari furnitur hingga oleh-oleh khas Bumi Kartini.

“Ini tindak lanjut dari perjanjian kami dengan Bank Negara Indonesia di tahun 2015 silam. Hasilnya adalah ini E-Commerse yang disebut MallJepara.com. Hal ini kami lakukan untuk memfasilitasi dan memperluas jaringan pasar para perajin kecil yang ada di Jepara,” tuturnya, Senin (1/1/2018).

Ia berharap, dengan munculnya layanan ini bisa memperluas daya jangkau penjualan produk khas Jepara.

Ia mengakui, selama ajang pameran yang diselenggarakan oleh dinasnya, belum menjangkau seluruh UMKM yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, upaya itu dilakukan untuk meningkatkan promosi produk lokal, ke pasar yang lebih luas.

Inah menyebut, pemkab melalui Disperindag bersifat sebagai fasilitator. Sedangkan produk-produk yang dijual murni berasal dari pengusaha lokal Jepara.

“Sebelum bergabung ke layanan ini (MallJepara.com) pengusaha kami survei terlebih dahulu. Hal itu menyangkut kualitas dan kuantitas produknya. Artinya, ketika ada pesanan banyak mereka bisa melayani secara baik, tidak kekurangan dari sisi mutu ataupun jumlah,” jelasnya.

Dikatakan, tidak ada syarat khusus untuk membuka lapak di MallJepara. Namun demikian, keberadaan layanan ini diperuntukan bagi pengusaha UMKM asli Jepara, yang telah memiliki produk dan mampu memenuhi pesanan.

Pantauan MuriaNewsCom di laman tersebut, ada enam kategori jualan yang ditawarkan. Di antaranya kerajinan, batik dan tenun, makanan dan oleh-oleh, jasa order, furnitur dan fashion.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari belasan ribu hingga ratusan juta untuk produk-produk berskala besar.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...