Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Malam Tahun Baru Alun-alun Kudus Ditutup, Ini Kantong Parkir yang Bisa Kamu Pilih

MuriaNewsCom, Kudus – Perayaan malam pergantian tahun di Kudus akan dipusatkan di Alun-alun Simpang Tujuh. Mulai petang hingga perayaan rampung, arus lalu lintas di kawasan ini akan ditutup.

Polres Kudus akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus yang menuju alun-alun. Kasatlantas Polres Kudus AKP Eko Rubianto mengatakan, selama malam tahun baru, kawasan simpang tujuh akan disterilkan dari semua kendaraan.

“Jadi skemanya mirip seperti Car Free Night (CFN) yang dilakukan pada malam Minggu oleh Pemkab Kudus. Bedanya, ini dilakukan malam Senin saat pergantian tahun,” katanya kepada MuriaNewsCom, Sabtu (30/12/2017).

Pihaknya telah menyiapkan kantong-kantong parkir yang bisa digunakan masyarakat. Di antaranya di barat Simpang Tujuh Jalan Sunan Kudus, Gang I, II dan III, belakang Ramayana dan Jalan Pemuda.

Sejumlah titik juga akan dibuntu untuk kendaraan sama seperti CFN. Selain di kawasan alun-alun, penutupan jalan juga dilakukan di Perempatan Kojan, Jalan Ramlan, Jalan Ahmah Yani serta Gang I,II dan III.

“Jalur akan kami tutup mulai jam 18.00 WIB hingga jam 00.00 WIB. Jadi bagi yang hendak merayakan tahun baru di Simpang Tujuh Kudus, dapat mematuhinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengatakan, aparat akan melakukan pengamanan di sejumlah titik. Ratusan personel disiapkan untuk melakukan pengamanan.

Ia menyebut ada lima titip yang diperkirakan akan terjadi penumpukan. Yakni di kawasan alun-alun, kawasan Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK) Tanggulangin Jati, kawasan Gor Kudus dan Balai Jagong, kawasan Oasis dan Taman Bumi Wangi Jekulo.

Menurutnya, dari lima lokasi yang disebutkan, kawasan alun-alun menjadi hal yang paling diwaspadai. Untuk itu petugas yang disiagakan lebih banyak yaitu mencapai 125 personel.

Ia menyebut, jumlah petugas yang disiagakan sejumlah 820 petugas. Petugas itu merupakan gabungan dari Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, dan Satpol PP.

“Selain petugas yang stand by di lokasi tersebut, kami juga menyiagakan 79 petugas untuk berpatroli dengan lebih intens. Patroli dilakukan tak hanya menggunakan mobil, namun juga dengan kendaraan bermotor,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...