Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Siswa SMP SMA di Kudus Terima Bantuan Pendidikan

Bupati Kudus Musthofa memberikan keterangan kepada awak media usai memberikan bantuan. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ribuan siswa di Kudus mendapat bantuan pendidikan berupa beasiswa dari Pemkab, Kamis (28/12/2017). Beasiswa diberikan kepada ribuan siswa mulai jenjang pendidikan SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat.

“Tidak boleh lagi ada siswa yang gagal bersekolah ataupun putus sekolah. Apalagi hanya gara-gara biaya,” kata Bupati Kudus Musthofa pada awak media usai penyampaian beasiswa di GOR Bung Karno Kudus.

Menurut Bupati, pemberian beasiswa merupakan langkah Pemkab Kudus menunjukkan keseriusannya memperhatikan pendidikan. Terlebih, beasiswa ini akan jadi agenda rutinan tiap tahun.

Khusus untuk tingkat SMA sederajat, lanjut bupati, pemberian diberikan dalam bentuk bantuan sosial langsung pernama siswa. Hal itu dilakukan lantaran, pengelolaan pendidikan tingkat atas diambil alih provinsi.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus Joko Susilo menambahkan, jumlah siswa yang mendapat beasiswa ini mencapai 1.182 siswa. Jumlah tersebut merupakan jumlah keseluruhan mulai tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat.

“Untuk para siswa SMP sederajat mendapat beasiswa Rp 600 ribu per anak, sedang untuk SMA SMK sederajat mendapat beasiswa Rp 1,08 juta per siswanya,” ujarnya.

Selain untuk para siswa, beasiswa juga diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan di sekolah swasta. Jumlahnya mencapai 322 tenaga kependidikan dan guru untuk jenjang SMP dan SMA sederajat.

“Tiap tenaga pendidik mendapatkan bantuan kesejahteraan sejumlah Rp 1,5 juta per gurunya,” ungkap dia.

Ditambahkan Joko, semua biaya itu diambilkan dari APBD 2017. Dan total keseluruhan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 1,4 Miliar.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...