Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Akhir Tahun, Ratusan PKL Barito Kaligelis Kudus Direlokasi ke Pasar Burung Jati

Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus mengadakan sosialisasi relokasi pedagang Pasar Barito Kaligelis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus berencana akan merelokasi ratusan pedagag di Pasar Barito Kaligelis. Rencananya, mereka akan direlokasi ke Pasar Burung, di Jati.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti mengatakan, jumlah PKL yang direlokasi ada 168 pedagang. Relokasi akan mulai dilaksanakan 30 Desember nanti, dengan nomor undian.

“Setelah nomor undian diambil, lapak yang baru bisa langsung dipergunakan pada 31 Desember bagi yang sudah siap. Bagi yang belum, kami memberikan waktu dua pekan untuk pindahan ke lokasi baru,” kata Sudiharti didampingi Kabid PKL Sofyan Dhuhri usai sosialisasi relokasi PKL Balangan, Rabu (27/12/2017).

Setelah dua pekan, kata dia, lapak lama di bantaran Kaligelis akan dibongkar paksa oleh Dinas Perdagangan. Untuk pemanfaatan bekas lapak, akan dikembalikan ke aset guna pengelolaan.

Sementara untuk luasan lapak di pasar burung memiliki ukuran 1,85 meter x 2 meter dan tinggi 2 meter. Dengan luasan itu, pedagang dirasa lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Ditambahkan, relokasi harus dilakukan untuk penataan para PKL Balangan atau Barito. Karena, selama ini pihaknya melihat kawasan bantaran sungai tidak diperbolehkan berjualan.

“Lokasi baru siap digunakan. Meski selama ini digunakan untuk Pasar Hewan, namun Pasar Hewan akan dipindah ke lokasi baru di Mejobo,” ungkap dia.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...