Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penghayat di Jepara Minta Kepercayaannya Segera Dicantumkan di KTP

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Penghayat aliran kepercayaan di Jepara berharap agar status kolom agama di KTP Elektronik dapat segera terselesaikan, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

“Ya sesuai dengan putusan MK bahwa penghayat kepercayaan sama dengan pemeluk agama lain. Kami harap hal itu direalisasikan,” kata Sukoyono pemuka penghayat kepercayaan Sapto Darmo Jepara, Selasa (26/12/2017), via sambungan telepon.

Menurutnya, status kolom agama di kartu identitas penting untuk penghayat. Lantaran selama ini mereka kerap merasa didiskriminasi akibat kekosongan kolom agama.

Mereka meminta hak-hak sipil sebagai warga negara tidak terpenuhi, khususnya kesempatan bekerja sebagai abdi negara.

“Kami merasa betul-betul terdiskriminasi. Selama ini untuk kami masuk PNS, TNI maupun Polri kami kesulitan, karena kan harus beragama (tertulis pada kolom KTP) namun kami kan kosong. Nah dengan momen ini kami berharap agar hak kami sejajar dengan warga yang lain,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya menyadari untuk merealisasikan putusan MK memerlukan waktu yang tidak sedikit. Hal itu karena pemerintah harus menata birokrasi dari pusat hingga daerah. 

“Harapannya sih cepat, namun pasti ada rentetan peraturan yang harus disesuaikan, termasuk penghayat apakah masuk dalam Kementerian Pendidikan atau mana. Namun yang jelas, kami di Jepara berterimakasih karena kondisi yang kondusif pada penghayat, tidak seperti di daerah Rembang yang tempat ibadahnya sempat dirusak pada tahun 2016,” urainya. 

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...