Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siapa Bakal Dampingi Sudirman Said Lawan Ganjar?

Ganjar Pranowo dan Sudirman Said

MuriaNewsCom, Semarang – Mantan Menteri ESDM Sudirman Said, menjadi satu-satunya bakal calon gubernur yang telah dideklarasikan untuk maju dalam Pilgub Jateng 2018. Dirman kemungkinan besar akan melawan gubernur petahana Ganjar Pranowo, yang sinyal untuk diusung kembali oleh PDIP semakin kuat.

Sama seperti Ganjar, yang banyak menjadi sorotan adalah siapa yang akan menjadi wakil dalam merebut kursi gubernur itu.

Saat ini, Dirman telah dideklarasikan oleh Gerindra dan PAN. PKS juga disebut-sebut akan segera memberikan dukungan. Dirman juga mengklaim telah mendapat dukungan dari PPP.

Beberapa nama mulai dimunculkan untuk dipasangkan dengan Sudirman Said. Mulai dari Mantan Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono, hingga Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf).

Kembali munculnya nama Ferry Juliantono diusulkan oleh Gerindra Jateng. Sebelumnya Ferry juga berambisi maju sebagai calon gubernur, namun Prabowo Subianto lebih memilih Sudirman Said.

“Ferry Juliantono termasuk salah satu yang diusulkan” Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid dilansir DetikCom, Sabtu (23/12/2017).

Meski demikian, ia menyebut jika usulan tersebut masih sekadar wacana, dan harus dibicarakan dengan parpol pendukung lainnya. Apalagi menurut dia, banyak nama yang dimunculkan untuk disandingkan dengan Sudirman Said.

Dirman sendiri mengaku mempertimbangkan dua nama untuk dijadikan wakil. Yakni Rustriningsih dan Gus Yusuf.

“Keduanya masih dipertimbangkan untuk menjadi calon wakil gubernur mendampingi saya. Tentu masih dilihat semuanya baik Bu Rustriningsih, juga Gus Yusuf,” kata Sudirman saat berada di Brebes, Jumat (22/12/2017) kemarin.

Rustriningsih yang merupakan mantan kader PDIP mempunyai basis masa yang cukup kuat. Bahkan dorongan kepada Rustri untuk kembali mencalonkan diri juga besar.

Sementara Gus Yusuf merupakan Ketua DPW PKB Jateng, yang mempunyai dukungan kuat dari unsure Nahdlatul Ulama (NU).

Selain dua nama itu, Dirman juga menyebut ada purnawirawan militer yang masuk nominasi calon wakil gubernur pendampingnya. Namun dia tak menyebut identitas purnawirawan itu.

Di sisi lain, peluang gubernur petahana Ganjar Pranowo, untuk diusung PDIP semakin kuat. Ini terlihat dari beberapa kali hasil survei internal yang menyebut, nama Ganjar selalu di posisi atas.

Ganjar sendiri pada beberapa kesempatan sering menyebut jika siap diduetkan dengan siapapun oleh partai. Namun hingga kini belum ada kepastian resmi.

PDIP sendiri diperkirakan bakal mengumumkan jago yang diusung mendekati hari H pendaftaran pada Januari 2018 mendatang.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...