Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KIR dan STNK Mati, 2 Bus AKDP di Grobogan Dikandangkan Polisi

Petugas gabungan tengah melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan umum di Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, Kamis (22/12/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Tindakan tegas dilakukan petugas gabungan saat menggelar pengecekan kondisi angkutan umum di Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, Kamis (22/12/2017).

Dalam kegiatan itu, ada dua bus antar kota dalam provinsi (AKDP) yang diberi sanksi berat tidak boleh melakukan operasi.

Tidak hanya itu, bus jurusan tersebut juga dibawa ke Mapolres Grobogan untuk diamankan. Tindakan tegas ini dilakukan lantaran bus tersebut beroperasi tidak sesuai ketentuan.

Akibat sanksi ini, sejumlah penumpang yang sudah ada didalam bus tersebut akhirnya dialihkan pada armada lainnya. Setelah menurunkan penumpangnya, bus lalu dikandangkan ke Mapolres.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menyatakan, dari pemeriksaan yang dilakukan, kedua bus itu surat KIR dan STNK nya sudah tidak berlaku.

“Bus yang beroperasi tidak sesuai ketentuan merupakan pelanggaran berat. Tindakan seperti ini di sisi lain juga merugikan sopir bus lainnya,” tegasnya.

Bus yang melanggar aturan baru boleh diambil setelah sidang tilang. Menurut Panji, tindakan tegas itu dilakukan untuk memberikan efek jera pada sopir bus lainnya.

Panji menambahkan, pemeriksaan kendaraan, khususnya angkutan umum bus antara dilakukan terkait libur panjang pada akhir pekan ini. Razia gabungan akan terus digalakkan selama momen Natal dan Tahun Baru 2018.

Ia mengimbau kepada para pengusaha jasa angkutan, agar mengoperasikan kendaraan yang layak beroperasi sebagai sarana untuk mengangkut calon penumpang yang akan bepergian.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...