Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tanggul Sungai SWD Ketileng Jepara yang Jebol Segera Diperbaiki

Pekerja sedang memuat tanah kedalam karung untuk melakukan perkuatan pada tanggul yang ambrol, Kamis (21/12/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom,Jepara – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jratun Seluna akan segera memperbaiki tanggul Sungai Serang Welahan Drainage (SWD) di Desa Ketileng Singolelo, Jepara yang ambrol tempo hari. Kamis (21/12/2017) upaya perbaikan mulai dilakukan dengan menyiapkan karung-karung berisi tanah.

Kepala Desa Welahan HM Sumarno mengatakan, tanggul yang ambrol berada di perbatasan antara wilayahnya dan Desa Ketileng Singolelo.

“Tadi dari BBWS sudah datang untuk melakukan pengecekan. Rencananya, perbaikan tanggul menggunakan alat berat akan dilakukan pada hari Sabtu (23/12/2017),” ucapnya.

Untuk sekarang, lanjut Sumarno, tengah dilakukan pemberian karung-karung berisi tanah, untuk kemudian dipasang pada lokasi yang ambrol.

Menurut dia, kerusakan yang terjadi pada tanggul tersebut telah dideteksi oleh BBWS. Rencananya, pada tahun 2018 akan dilakukan perbaikan permanen pada tanggul tersebut. 

Namun karena debit air yang terlalu besar, dan kerusakan pada bangunan tanggul, sehingga ambrol. Saat ini di bagian atas tanggul hanya tersisa sedikit tanah, sekitar 40 cm yang bisa dilewati oleh petani.

“Tapi itu ya bahaya kalau dilewati oleh warga, apalagi motor. Untungnya, lokasi ini akan segera diperbaiki karena ini juga sebagai jalur yang dilewati oleh petani jika hendak tandur (menanam padi),” tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, tanggul tersebut ambrol dan mengancam sekitar 30 hektare sawah yang telah ditanami. Penyebabnya diduga karena bangunan pintu air tidak kuat menahan arus air yang berasal dari pertemuan Sungai Mayong Kidul, pengairan sawah dan Sungai SWD. 

Editor : Ali Muntoha

Baca  Tanggul Sungai Desa Ketileng Jepara Ambrol, Puluhan Hektare Padi Terancam Puso

Comments
Loading...