Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Selama 2017, Kantor Imigrasi Pati Deportasi Puluhan Warga Negara Asing

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pati Suryono (tengah) memberikan keterangan terkait dengan deportasi WNA selama 2017. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kantor Imigrasi Kelas II Pati menertibkan 36 warga negara asing (WNA) selama 2017. Mereka ditertibkan karena melanggar ketentuan dalam undang-undang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pati Suryono mengatakan, WNA yang melanggar dikenakan sanksi administratif sesuai dengan undang-undang.

“Ada yang dari Mesir, Perancis, Mauritius, Tiongkok, Malaysia, Arab Saudi, Kanada, India, Syria, Korea Selatan, Spanyol, dan Taiwan. Mereka yang dikenakan sanksi administratif tidak ada yang mengajukan keberatan,” ujar Suryono, Rabu (20/12/2017).

Dari 36 WNA yang ditertibkan, 27 WNA di antaranya dideportasi. Salah satu yang dideportasi pada 29 November 2017 lalu, di antaranya Yuequan Zhu, WNA asal Tiongkok.

Dia dipulangkan melalui Bandara Ahmad Yani Semarang, setelah melanggar Pasal 75 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terhadap Pelanggaran Keimigrasian Warga Negara Asing di Indonesia.

Suryono menegaskan, pejabat imigrasi berwenang menindak secara administratif bagi orang asing yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan.

“Sanksi administratif yang kami berikan, sebagian besar berupa deportasi dari wilayah Indonesia. Adapun sumber kasus berasal dari pengawasan yang dilakukan petugas, permohonan EPO, dan permohonan perpanjangan ITK,” jelas Suryono.

Sementara penerbitan paspor, Kantor Imigrasi Kelas II Pati sudah menerbitkan 30.760 paspor selama 2017. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding tahun 2016 yang jumlahnya hanya 26.392 paspor.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...