Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bulog Jepara Tunggu Pemkab Ajukan Pencairan Beras Cadangan Pemerintah

Tumpukan beras di kios yang ada di pasar Jepara 1, Selasa (19/12/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Stok beras cadangan di Kecamatan Karimunjawa mulai dibagikan, karena musim baratan (angin kencang dan gelombang tinggi).Lalu bagaimana kesiapan Badan Urusan Logistik (Bulog) Jepara untuk memenuhi pasokan beras di Bumi Kartini pada kondisi seperti ini?

“Untuk hal itu (droping) cadangan beras kami menunggu permintaan dari pemerintah kabupaten,” ujar Staf Bulog Jepara, Hartono, Selasa (19/12/2016).

Menurutnya, cadangan beras di Gudang Bulog Jepara saat ini mencapai 1.980 ton. Hal itu menurutnya cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kota Ukir. 

Berdasarkan pengalaman di tahun lalu, droping beras cadangan bisa dikucurkan ketika sekretaris daerah Pemkab Jepara mengajukan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Adapun setiap tahunnya, dialokasikan sebanyak 100 ton beras untuk satu kabupaten. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 8 ton stok beras di Pulau Karimunjawa mulai dibagikan kepada warga. Hal ini seiring dengan musim baratan yang mulai melanda di pertengahan Desember 2017.

Adapun, rincian beras cadangan di Karimunjawa adalah 3 ton untuk Desa Karimun, sebanyak 2,5 ton untuk Desa Kemujan, 1,5 ton untuk Desa Parang dan Desa Nyamuk 1 ton. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...