Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gandeng Pemdes, Pemkab Data Kos-kosan di Kudus

Kegiatan pembinaan kos kawasan UMK dan Megawon di Satpol PP Senin (18/12/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus mendata jumlah kos-kosan yang terdapat di Kudus. Untuk mendata, Pemkab Kudus menggandeng pemerintah desa (Pemdes) di Kudus agar datanya akurat.

Kasubbid Pendataan dan Pendaftaran pada Badan Pengelolaan Pendapatan dan Aset Daerah (BPPAD) Kabupaten Kudus mengatakan, dari data sementara yang masuk, jumlah kos di Kudus mencapai 110. 

“Dari 110 kos yang terdata, baru 20 kos yang mau membayar pajak. Untuk itu kami akan galakkan pembayaran pajak untuk usaha kos di Kudus,” katanya saat pembinaan empat kos oleh Satpol PP, di kantor Satpol-PP Kudus, Senin (18/12/2017).

Menurut dia, pihaknya yakin jumlah kos melebihi 110 tempat. Karena Kudus dianggap banyak akan perguruan tinggi dan juga perusahaan. Yang mana akan berdampak pada banyaknya jumlah kos sebagai hunian.

Untuk itu, lanjut dia, ia akan meminta kembali pada pemdes guna pendataan kos lagi. Selain itu, kerjasama dengan satpol juga dibutuhkan guna menyisir dan mendata keberadaan kos di Kudus.

Dia menambahkan, pengelola kos diharuskan membayar pajak bagi yang  memiliki kamar minimal 10. Itu tertuang dalam Perda nomor 15 tahun 2010 tentang Pajak Hotel, yang mana didalamnya mengatur soal kos.

“Kami akan melakukan pembinaan kembali dengan kos yang terdaftar. Agar mereka dapat tertib,” ucapnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...