Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dinas Kesehatan Grobogan Luncurkan Aplikasi Si Sigap Buat Masyarakat yang Butuh Bantuan

Asisten III Pemkab Grobogan Mokh Nursahid didampingi Kepala Dinkes Lely Atasti. Hadir pula, perwakilan FKPD dan sejumlah pejabat terkait lainnya menekan tombol bersama saat launching aplikasi Si Sigap pada para pejabat, Jumat (15/12/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganAda kemudahan bagi masyarakat di Grobogan yang butuh bantuan dalam beberapa kasus. Caranya, bisa meminta pertolongan lewat aplikasi Public Safety Center (PSC) 119 berlabel ‘Si Sigap’ yang diluncurkan Dinas Kesehatan Grobogan, Jumat (15/12/2017).

Untuk bisa menggunakan aplikasi berbasis android ini terlebih dahulu harus diinstal dalam smartphone. Setelah itu, ada petunjuk atau panduan dalam aplikasi tersebut bagi masyarakat yang butuh pertolongan atau menginformasikan kejadian. Seperti ada kebakaran, kecelakaan atau kejahatan.

Kepala Dinkes Lely Atasti menyatakan, Si Sigap hadir untuk memudahkan masyarakat kabupaten Grobogan ketika berada dalam keadaan darurat. Seperti melakukan panggilan ambulan untuk pertolongan pada kecelakaan lalulintas, pemanggilan damkar saat kebakaran, atau keadaan darurat lainya disekitar kita.

Selain itu masih ada fasilitas lain yang bisa diakses dalam aplikasi tersebut. Yakni, call center 24 jam, akses ketersediaan tempat tidur di rumah sakit dan puskesmas, serta ketersediaan darah di PMI.

Kepala Dinkes Grobogan Lely Atasti memberikan penjelasan mekanisme pelayanan melalui aplikasi Si Sigap pada para pejabat, Jumat (15/12/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

“Layanan itu bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu layanan kegawatdaruratan dan mempercepat respon penanganan korban. Melalui layanan ini kita harapkan bisa menyelamatkan korban dan mencegah kecacatan. Selain lewat aplikasi, masyarakat juga bisa menghubungi bantuan lewat telepon di nomor 119,” jelasnya.

Launching aplikasi ini dilakukan Asisten III Pemkab Grobogan Mokh Nursahid didampingi Kepala Dinkes Lely Atasti. Hadir pula, perwakilan FKPD dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Launching aplikasi ditandai dengan penekanan tombol bersama yang dilakukan para pejabat dan peresmian PSC Dinkes Grobogan. Setelah itu, dilanjutkan konvoi puluhan ambulans dari halaman kantor Dinkes mengelilingi kota Purwodadi. 

Editor:Supriyadi

Comments
Loading...