Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Urus Dokumen Kependudukan di Kudus Ternyata Bisa Delivery Order

Sekretaris Dinas Dukcapil Kudus, Putut Winarno menyerahkan dokumen adminduk kepada warga langsung ke rumahnya. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus mengembangkan terobosan yang cukup unik, untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Terobosan ini berupa layanan delivery order.

Nah, lazimnya delivery order ini digunakan untuk pemesanan makanan atau barang, bedanya program ini di Disdukcapil Kudus, untuk pelayanan permohonan dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

Untuk memanfaatkan layanan ini harus melalui aplikasi online berbasis Android. Sekretaris Dinas Dukcapil Kudus, Putut Winarno mengatakan, program ini untuk menjawab perkembangan teknologi yang semakin cepat.

“Kami menggunakan aplikasi online berbasis Android yang sederhana. Prinsip kerjanya sama seperti aplikasi whatApps, hanya saja pemohon harus mendaftar hanya menggunakan NIK, nomer HP dan Password yang dibuat pemohon sendiri,” katanya.

Putut menyampaikan, masyarakat dapat mendownload aplikasi ini di Google Play dan menggunakan fitur layanan yang sudah disediakan. Keuntungan menggunakan aplikasi ini, tak lagi harus mengisi blanko formulir yang ribet.

Karena yang dibutuhkan hanya foto dari persyaratan yang digunakan untuk pengajuan dokumen adminduk.

 

“Tidak perlu lagi tulis-menulis atau membuka email. Karena kami menyakini bahwa masih banyak warga yang memegang hp Android yang belum memahami apa itu email, untuk itu kami buat aplikasi yang passwordnya dibuat oleh pemohon sendiri tanpa tanpa harus membuka email,” terangnya.

Dengan layanan ini diharapkan masyarakat akan semakin terbantu dan dimudahkan dalam proses pengurusan dokumen kependudukan. Karena dokumen ini sangat penting, untuk berbagai kebutuhan.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...