Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Pati Terima Penghargaan Tertinggi di Bidang Kelautan dari Presiden Jokowi

Bupati Pati Haryanto menerima penghargaan di bidang kelautan dari Presiden Jokowi, Rabu (13/12/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan dari Presiden Joko Widodo. Penyerahan penghargaan dilakukan Mendagri RI Tjahjo Kumolo di Dermaga Muara Jati, Cirebon, Rabu (13/12/2017).

Penghargaan yang diterima Haryanto merupakan penghargaan tertinggi di bidang kelautan. Artinya, kepemimpinan Haryanto dinilai berhasil dalam membangun Pati menjadi negeri maritim yang berkontribusi untuk nasional.

“Saya tidak menyangka sebelumnya, karena ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang kelautan. Pati dianggap berhasil melakukan tindakan nyata dalam pengendalian dampak lingkungan akibat kegiatan pembangunan,” ujar Haryanto.

Selain itu, ada sejumlah poin penting yang membuat Pati meraih penghargaan bergengsi tersebut. Satu di antaranya, Pati dinilai berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanaman mangrove dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perikanan.

Keberhasilan tersebut, sambung Haryanto, merupakan buah dari kerja bareng pemerintah bersama masyarakat. Dia mengucapkan terima kasih kepada warga Pati yang ikut berkontribusi hingga penghargaan tertinggi di bidang kelautan itu diterima.

Secara terpisah, Jokowi menyatakan jika laut yang menaungi sebagian besar wilayah Indonesia bukan menjadi pemisah, tetapi justru pemersatu bangsa. Melalui Deklarasi Juanda, negara kepulauan seperti Indonesia bisa diterima secara internasional.

Dengan alasan itu, pemerintah saat ini gencar memperkuat ketahanan maritim dengan memberantas illegal fishing. Dengan begitu, kekayaan laut Indonesia bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Alasan itu pula yang membuat Jokowi berkomitmen menggerakkan sektor maritim dengan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang memiliki kontribusi tinggi di bidang kelautan dan perikanan. Ia sadar, pemanfaatan sektor maritim akan membuat Indonesia menjadi bangsa besar.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...