Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Grobogan Terima Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia

Menkumham Yasonna Laoly saat menyerahkan penghargaan kabupaten Peduli HAM pada Bupati Grobogan Sri Sumarni. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah penghargaan baru saja diraih Bupati Grobogan Sri Sumarni dari Kemenkumham. Yakni, penghargaan sebagai kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yang diserahkan langsung oleh Menkumham Yasonna Laoly.

“Penghargaan diberikan bertepatan momen HAM Internasional dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo yang dilangsungkan di Surakarta, Minggu kemarin. Penghargaan Peduli HAM yang diterima Kabupaten Grobogan keempat kalinya,” kata Kabag Humas Pemkab Grobogan Ayong Muchtarom, Selasa (12/12/2017).

Ia mengatakan, penghargaan HAM ini dinilai menjadi kebanggaan sendiri bagi Kabupaten Grobogan. Menurutnya, penghargaan HAM itu bisa didapatkan karena dukungan berbagai pihak.

Ia menambahkan, penganugerahan Kabupaten Peduli HAM merupakan bentuk komitmen, kewajiban dan tanggung jawab dari pemerintah daerah. Yakni, peran pemerintah daerah dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM (P5HAM). Hal ini  seperti yang diamanatkan dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM dan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016 tentang kriteria daerah Peduli HAM.

Sementara untuk kriteria penilaian Kabupaten Peduli HAM didasarkan pada beberapa aspek. Antara lain, terpenuhinya  Hak Atas Kesehatan, Pendidikan, Perempuan dan Anak, Kependudukan, Pekerjaan, Perumahan yang Layak dan Lingkungan yang Berkelanjutan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...