Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Kembali Terima Penghargaan Indonesia Road Safety Award 2017 

Penyerahan IRSA Award 2017 diterima Kabupaten Jepara sebagai bukti kecakapan dalam penanganan pra dan pasca kecelakaan. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara kembali meraih penghargaan bertitel Indonesia Road Safety Award 2017, kategori Excellent City. Penghargaan diraih karena Bumi kartini dinilai cakap dalam penanganan pra dan pasca kecelakaan. 

Kasatlantas Polres Jepara AKP I Putu Bagus Krisna Purnama mengaku bersyukur akan gelar yang diraih. Namun demikian, pihaknya akan lebih memacu inovasi dalam lima pilar rencana umum nasional keselamatan. 

“Kita patut bersyukur mendapatkan satu penghargaan IRSA tahun ini, namun hal ini menuntut kita agar lebih giat memacu inovasi, karena dua tahun sebelumnya, kita berturut-turut menyabet juara umum,” katanya, Selasa (12/12/2017). 

Ia menjelaskan, penghargaan IRSA pilar ke 5 yang diperoleh karena inovasi panic button yang tersedia di telepon pintar. Pada fasilitas tersebut, warga yang telah memasang aplikasi tersebut bisa menggunakannya karena terintegrasi dengan Traffic Management Center (TMC) dan layanan Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Jepara. 

Dengan demikian, menurut Krisna, penanganan pada kecelakaan dan mengurangi fatalitas terhadap korban lakalantas. 

Adapun, penganugerahan IRSA 2017 dilakukan di Jakarta oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, pada Kamis (7/12/2017). Dalam sambutannya ia mendukung program yang diluncurkan oleh Adira Insurance, dalam rangka menekan angka kecelakaan.

Tahun ini program itu diikuti oleh 120 Kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut tersaring 23 finalis IRSA 2017. Hal itu berdasarkan data keselamatan jalan, seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan dan sebagainya. Dalam kategori excellent city Jepara tergabung bersama Kota Balikpapan dan Kota Surabaya. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...