Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Siapkan Pati Menuju Smart City

Pejabat dari Kemenkominfo RI Setiawan saat menjelaskan program smart city di Ruang Pragola Setda Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto sedang menyiapkan Kabupaten Pati menuju “smart city”. Hal itu disampaikan Haryanto, seusai membuka Sosialisasi Persiapan Smart City dan Implementasi e-Office di Lingkungan Pemkab Pati, Selasa (12/12/2017).

“Kita ini sedang mempersiapkan. Harapannya, Pati bisa menjadi smart city yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada,” kata Haryanto.

Pati agar bisa menuju smart city, Haryanto meminta kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM). Untuk masalah anggaran, pihaknya sudah menyiapkannya.

“Dengan teknologi yang serba maju, semua OPD harus segera menangkap. Kalau tidak paham ya belajar, kalau tidak punya SDM, cari yang mampu dan mengetahui teknologi IT,” ucap Haryanto.

Saat ini, Pemkab Pati sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung percepatan pelayanan publik seperti e-planing, e-budgeting, dan sistem keuangan desa (siskeudes). Ke depan, berbagai pemanfaatkan IT akan dilakukan untuk mendukung program smart city di Pati.

Analis Kebijakan Publik untuk Perkembangan e-Government Kemenkominfo RI Setiawan mengatakan, konsep smart city harus disesuaikan dengan potensi yang ada di daerah masing-masing.

“Diawali dengan analisis dulu, kelebihan, kekurangan dan potensi daerah. Kita lihat, Pati wilayahnya luas dengan dukungan APBD yang lebih besar,” tutur Setiawan.

Di Pati, sektor utama tidak hanya di bidang pertanian dan kelautan sesuai dengan slogan mina dan tani. Pati juga punya ragam sektor seperti wisata, UMKM dan bisnis.

Karena itu, Pemkab Pati disarankan untuk menyusun analisis tersebut sebelum membuat masterplan smart city. Sebab, konsep tersebut pada dasarnya untuk mengelola tata pemerintahan berbasis IT yang bertujuan mendongkrak potensi daerah.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...