Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Karang Taruna Kertomulyo Pati Gagas Kampung Facebook

Pemuda Karang Taruna Kertomulyo, Kecamatan Trangkil mengikuti pelatihan technopreneur Facebook Marketing. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Karang Taruna Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil tengah menggagas “Kampung Facebook”. Hal itu dilakukan untuk merespons perkembangan teknologi yang semakin menguasai berbagai lini kehidupan, termasuk dunia bisnis dan ekonomi.

Sadar akan kondisi itu, mereka menggelar pelatihan technopreneur yang bertujuan melatih anggota karang taruna untuk berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi informasi. Mereka tidak ingin pemuda desa ketinggalan zaman.

“Sekarang ini perkembangan e-commerce luar biasa. Kami ingin pemuda melek bisnis online. Jadi tidak cuma pergi ke tambak atau pantai saja, tapi juga bisa memasarkan produk UMKM desa ke kota-kota besar melalui online,” ucap Eko Sudiyanto, penggerak pemuda karang taruna setempat, Senin (11/12/2017).

Untuk membekali para pemuda, dia menggandeng Komunitas Pati Bumi Blogger untuk mengajarkan Facebook Marketing. Lewat pembelajaran tersebut, pemuda Karang Taruna tidak cuma memanfaatkan Facebook untuk update status, tetapi juga berbisnis.

Ketua Pati Bumi Blogger Faqih Hilal menuturkan, ada beberapa fitur Facebook yang jarang diketahui warganet pada umumnya. Misalnya saja fitur Facebook Ads dan Facebook Graph.

Kedua fitur itu bisa menjadi ladang untuk berbisnis bila warganet tahu fungsinya. “Cuma ngiklan Rp 50 ribu di Facebook, kita bisa menjangkau lebih dari 5.000 pengguna Facebook secara tertarget,” kata Hilal.

Langkah itu dinilai jauh lebih mudah dan efisien untuk mempromosikan produk dibanding dengan mencetak dan menyebarkan brosur. Sayangnya, fitur-fitur tersebut tidak banyak diketahui pengguna Facebook.

Ke depan, dia mengajak kepada pemuda setempat untuk membuat Kampung Facebook yang dioptimalkan sebagai upaya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Dengan cara itu, Facebook bisa digunakan untuk kegiatan yang positif sekaligus untuk bekerja.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...