Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nutup Jalan Sembarangan Buat Kawinan di Solo Bisa Didenda Rp 50 Juta

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Solo – Warga biasa menutup jalan untuk berbagai keperluan secara sembarangan, termasuk untuk keperluan hajatan pernikahan. Namun hal ini sering dikeluhkan masyarakat, lantaran mengganggu.

Namun menutup jalan secara sembarangan di Kota Solo, sebentar lagi tidak bakal bisa. Bahkan kalau ada warga yang nekat menutup jalan dengan melanggar ketentuan, bisa didenda Rp 50 juta. Tak hanya itu saja, pelanggar juga bisa dikenai hukuman kurungan penjara selama tiga tahun.

Dikutip dari Solopos.com, Sabtu (9/12/2017) DPRD Solo kini tengah menyiapkan rancangan perda (raperda) yang mengatur tentang penyelenggaraan jalan daerah. Raperda ini merupakan inisiatif dari Komisi II DPRD Solo.

Dalam raperda itu nanti akan diatur sanksi bagi masyarakat yang mengganggu jalan, menutup jalan, hingga menghilangkan rambu.

Sebelumnya, DPRD Solo menggelar focus group discussion (FGD) Raperda tentang penyelenggaraan jalan daerah di Kantor DPRD Solo, Rabu (6/12/2017). Hal ini menyusul banyaknya keluhan dari masyarat terkait jalan serta ketidaktahuan warga soal aturan jalan di Kota Solo.

Anggota Komisi II DPRD Solo, Taufiqurrahman, mengatakan pencantuman sanksi baik administratif maupun pidana untuk menimbulkan efek jera bagi masyarakat yang melanggar aturan terkait jalan daerah ini.

“Tentunya sanksi disebutkan sebagai ketentuan dalam sebuah regulasi. Ada larangan-larangan yang akan kami cantumkan terkait jalan sehinga bagi yang melanggarnya akan memeroleh hukuman,” ujarnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...