Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Samsat Kudus Yakin Pajak Kendaraan Rp 208 Miliar Terlampaui

Warga mekakukan perpanjangan STNK di Samsat Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Samsat Kudus ditarget pendapatan mencapai Rp 208,06 miliar untuk tahun 2017 ini. Meski jumlahnya cukup besar, Samsat yakin target itu bisa terpenuhi, bahkan realisasinya diperkirakan lebih besar dari target.

Kepala Samsat/UP3AD Kudus Wibowo, mengatakan hingga awal Desember 2017, pendapatan dari pajak kendaraan bermotor sudah mencapai Rp 197,81 miliar. Realisasi ini setara 95,1 persen. Dengan waktu yang tersisa, target tersebut akan bisa tercapai.

“Pada bulan-bulan akhir tahun, pendapatannya selalu lebih banyak ketimbang bulan biasanya. Karena pembeli kendaraan lebih banyak di akhir tahun, begitu juga yang memperpanjang kendaraan. Jadi bakal tercapai,” katanya, Jumat (8/12/2017).

Menurut dia, setiap tahun target pendapatan selalu meningkat, dan tiap tahun pula selalu tercapai. Meningkatnya target dikarenakan meningkatnya pula jumlah kendaraan di Kudus, yang rata-rata tiap bulan bertambah 250-an unit.

“Biasanya meningkat kisaran 10 persen. Namun untuk tahun ini masih menunggu dari provinsi, yang biasanya akan diberikan targetnya pada akhir tahun nanti,” ujarnya.

Disebutkan, target tahun ini pendapatan dari Samsat ditetapkan sebesar Rp  208,06 miliar. Yang meliputi pajak kendaraan bermotor Rp 118, 16 miliar, terealisisasi Rp 110 miliar, bea balik nama kendaraan bermotor senilai Rp 89,79 miliar sudah terealisasi Rp 85,76 miliar, serta sejumlah target lainya.

“Target pasti tercapai. Apalagi ada progam balik nama, yang masih berlaku hingga akhir tahun nanti. Itu sangat membantu mendapatkan target,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...