Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Berharap Tak Ada Lagi Warga Jepara yang BAB Sembarangan

Seorang warga membuat jamban untuk mengurangi BAB sembarangan. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Jepara – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi prihatin akan kebiasaan warga yang buang air besar sembarangan. Untuk mengatasinya, ia berharap pihak swasta juga ikut menyalurkan dana melalui Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membuatkan jamban.

“Saya berharap, kedepan tak ada lagi masyarakat Jepara yang BABS (buang air besar sembarangan), baik di selokan, sungai maupun sawah,” katanya, pertengahan minggu ini, saat berbicara diantara kader PKK. 

Menurutnya, kebiasaan buruk ini rentan menimbulkan penyakit menular. Oleh karenanya ia berharap agar semua warganya memiliki jamban yang sehat. 

Ia menggarisbawahi, pihaknya (pemkab) siap jika diminta bantuan untuk membuat program jambanisasi. Selain itu, ia juga meminta perusahaan agar menggelontorkan dana CSR. 

“Kita berharap, melalui tanggungjawab sosial perusahaan, dapat diarahkan untuk membantu kegiatan jambanisasi masyarakat,” ungkap Marzuqi.

Bupati berharap Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat menjadi ujung tombak kegiatan sosial di masyarakat. Selain tugas pokoknya sebagai mitra dari gerakan Keluarga Berencana (KB), lembaga ini juga diharap berperan dalam sosialisasi anti BABS. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Chuzaemah Marzuqi menyebut adalah organisasi yang memiliki misi untuk mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan berkualitas. “Saya mengajak kepada orang tua untuk terus berupaya menjalin komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan anak-anak,” katanya, dalam bakti sosial kesatuan gerak PKK dan KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga).

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...