Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ilwani : Anggota Dewan Harus Terus Belajar Tingkatkan Kualitas

INFO DPRD KUDUS

Anggota DPRD Kudus berfoto bersama di sela-sela megikuti workshop Optimalisasi Peran DPRD dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah. (Humas DPRD Kudus)

MuriaNewsCom, Kudus – Wakil Ketua DPRD Kudus, Ilwani menyebut, setiap anggota dewan harus terus belajar untuk meningkatkan kualitas. Pasalnya, masyarakat menaruh banyak harapan terhadap wakil-wakilnya yang duduk sebagai legislator.

Ia menyebut, kualitas anggota dewan bisa diukur dari produk hukum maupun penganggaran yang dikeluarkan. Kualitas dewan akan terlihat jika produk-produk tersebut mampu berdampak luas pada masyarakat.

Oleh karenanya menurut dia, anggota dewan harus terus belajar untuk meningkatkan kompetensi. Salah satunya dengan mengikuti workshop Optimalisasi Peran DPRD dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari Jumat-Minggu (1-3/12/2017) di Yogyakarta dengan menggandeng perguruan tinggi dan pakar. ”Kita butuh terus belajar agar menghasilkan kebijakan yang berdampak luas bagi masyarakat,” katanya.

Tiga pakar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan akademisi pun dihadirkan sebagai narasumber. Sehingga para anggota dewan bisa meningkatkan kualitas dalam menyusun produk-produk hukum.

Menurut dia, tingginya harapan masyarakat tentunya harus diimbangi dengan kualitas dan kompetensi wakil rakyat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. ”Baik dalam penganggaran, pembentukan regulasi dan pengawasan,” ujarnya.

Apalagi pada 2018 mendatang, ada 33 rancangan peraturan derah (raperda) yang sudah masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) siap untuk dibahas.Workshop ini menjadi bekal penting bagi para wakil rakyat, agar perda yang dihasilkan nantinya mampu menjawab kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...