Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Rumah di Karangrowo Pati Juga Hancur Diterjang Lisus

Rumah salah satu warga Karangrowo, Jakenan yang tertimpa pohon akibat angin puting beliung. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Angin puting beliung tak hanya merobohkan rumah warga Dukuh Garas, Desa Sugiharjo, Pati. Lisus juga menghancurkan puluhan rumah di Desa Karangrowo, Kecamatan Jakenan, Pati, Kamis (30/11/2017).

Tercatat sebanyak 61 rumah dan empat fasilitas umum di Desa Karangrowo, Kecamatan Jakenan, Pati, rusak setelah diterjang angin puting beliung.

Dari 61 rumah warga yang terdampak angin puting beliung, 59 rumah mengalami rusak ringan, sedangkan satu rumah dan kandang ternak mengalami rusak yang sangat parah.

Kandang ternak milik Karni, warga Dukuh Putat RT 1 RW 2 tertimpa pohon trembesi yang besar. Sementara rumah milik Karsidin yang berada di RT 5 RW 1 tertimpa pohon mangga.

Adapun fasilitas umum yang mengalami kerusakan, di antaranya balai desa, lumbung desa, gedung TPQ, dan pondok bersalin desa (polindes). Keempat fasilitas umum tersebut rusak di sejumlah titik akibat terkena sapuan angin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo menjelaskan, hujan deras disertai angin kencang berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB.

Tiba-tiba angin kencang yang berputar berjalan dan menerpa sederet rumah di perkampungan Karangrowo.

“Puluhan rumah yang diterpa angin ribut mengalami kerusakan ringan seperti atap dan genteng berjatuhan. Dua bangunan yang rusak berat karena tertimpa pohon besar,” kata Sanusi.

Kapolsek Jakenan AKP Suyatno memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Kerugian material secara menyeluruh diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Tak lama setelah bencana, tim penanggulangan bencana gabungan dari Polsek Jakenan, Koramil Jakenan, BPBD, relawan bencana dan penduduk setempat langsung melakukan evakuasi. Mereka bersama-sama memperbaiki genteng rumah yang rusak lantaran diterjang angin.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...