Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lima Kecamatan di Jepara Ini Steril dari Usaha Non Kayu

Seorang pengrajin kayu sedang memahat kayu menjadi relief dengan motif tertentu, belum lama ini. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)l, Usaha 

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara melakukan sterilisasi usaha (skala besar) non kayu di lima Kecamatan. Kelima kecamatan itu adalah Kedung, Jepara, Tahunan, Mlonggo dan Batealit.

Langkah itu, ujar Sudjarot, Asisten II Setda Jepara dilakukan untuk menjaga kesinambungan usaha meubel yang ada di wilayah tersebut. Di wilayah tersebut, menurutnya banyak usaha furniture yang menyerap banyak tenaga kerja. 

Selain itu, dengan tidak adanya usaha non kayu di kecamatan tersebut, diharapkan akan lebih memacu geliat usaha meubel yang telah menjadi kekhasan Jepara. Menurutnya, sektor furniture menyumbang perekonomian Jepara. 

“Sektor ini (meubel) menyumbang perekonomian Jepara sekitar 31 persen. Meskipun terjadi permasalahan terhadap furniture,” tutur Djarot Rabu (29/11/2017). 

Ia mengatakan, salah satu persoalan yang membelit usaha perkayuan adalah bahan baku. Hal itu terjadi karena regulasi dari pemerintah pusat yang menjadikan bahan baku cukup sulit dan mahal. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...