Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kantongi SIM D, Mobilitas Difabel Jepara Diharap Lebih Leluasa

Sejumlah penyandang kebutuhan khusus menjalani proses ujian untuk mendapatkan SIM D bagi difabel di Polres Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 15 anggota Komunitas Difabel Bina Akses mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) D (khusus Difabel). Dengan legalitas tersebut, diharapkan mobilitas kaum berkebutuhan khusus dapat lebih leluasa. 

“Baru tahun ini kami bisa mendapatkan SIM D, sebelumnya belum pernah mendapatkannya. Adapun proses ujian dan pembuatan SIM telah berlangsung hari Kamis lalu,” kata Koordinator Komunitas Bina Akses Budi Mulyo, Jumat (24/11/2017) siang.

Menurutnya, perolehan SIM D kali ini ada berkat bantuan dermawan yang juga mantan pebulu tangkis nasional Hariyanto Arbi. Dalam tempo dua jam, ia mengaku 15 peserta ujian sim bisa mendapatkan legalitas mengemudikan kendaraan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. 

Dikatakan Budi, banyak diantara penyandang disabilitas yang belum memiliki SIM D. Hal itu lantas berpengaruh pada mobilitas mereka saat akan keluar rumah. 

“Ya kalau hendak keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor harus mlipir melewati gang tikus atau memilih waktu dimana tidak ada razia dari polisi. Dengan SIM ini alhamdulillah lebih mudah kita dalam bermobilitas kemana-mana,” tuturnya. 

Kedepan, ia berharap agar dalam pelaksanaan ujian SIM D kepolisian dapat melakukan penjangkauan terhadap mereka. Sebab, banyak diantara komunitas difabel yang berada di pelosok Jepara.

“Harapannya kalau nanti ada ujian, tidak dipusatkan saja di Polres Jepara, karena banyak anggota kami tersebar di pelosok,” harap Budi.  

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...