Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Marzuqi: Jepara Diincar Banyak Investor Asing


Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat memberi sambutan di acara Job Fair di Aula Maribu Resto, Jumat (24/11/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengklaim wilayahnya menjadi banyak incaran investor asing. Selain perusahaan padat karya, pemodal asing banyak membidik sektor pariwisata terutama Karimunjawa.

“Beberapa hari yang lalu saya mengikuti buisness meeting (pertemuan bisnis) di Solo. Dari beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah, yang menyita simpati calon investor itu kabupaten kita Jepara,” ucapnya, saat membuka event Job Fair di Aula Maribu Resto, Jumat (24/11/2017). 

Marzuqi bilang, dirinya telah bertemu beberapa di antara investor tersebut. Di sektor perusahaan padat karya ada yang telah menjajaki kemungkinan berbisnis dan membuka pabrik di wilayah Jepara. 

“Ada perusahaan tekstil yang kini berada di Boyolali yang telah berkomunikasi dengan saya, apakah bisa saya memenuhi pekerja. Waktu itu saya jawab kalau untuk penuhi langsung saya tidak bisa, tapi kalau untuk mengomunikasikannya bisa. Hal itu karena, perusahaan disana mulai kewalahan untuk mencari pekerja,” katanya. 

Di bidang pariwisata, bupati berkata setidaknya ada dua calon investor yang ingin kembangkan wisata kepulauan. Mereka berasal dari Hongkong dan Kuwait. Keduanya, menurut Marzuqi ingin membuat sebuah pulau yang didalamnya terdapat fasilitas pariwisata komplit. 

“Calon investor asal Kuwait ingin bangun sebuah pulau yang didalamnya terdapat resort di mana kebutuhan listriknya akan dipenuhi secara swadaya. Investor asal Hongkong juga demikian, mereka ingin menyewa sebuah pulau yang dibangun seperti kawasan Taman Maerakaca atau TMII, sehingga orang Indonesia yang ingin merasakan Hongkong versi mini bisa berkunjung ke pulau itu,” tuturnya. 

Namun, Marzuqi tak membeberkan kapan pembicaraan tersebut akan dieksekusi. Meskipun demikian, posisi tersebut membuktikan Jepara memang banyak dilirik karena potensi luas wilayah dan potensi alamnya. 

Dirinya mengklaim, setiap kali mengadakan pertemuan dengan pebisnis luar negeri ia selalu memromosikan pariwisata khususnya Karimunjawa. Secara administratif, Jepara kini memiliki 32 pulau yang telah terdaftar. Hal itu menurutnya, menjadi keuntungan yang hanya dimiliki oleh Jepara, sebagai kabupaten di Jateng. 

Terkait pencari kerja di Jepara, ia meminta agar bersabar dalam pencarian kerja. Melalui acara job fair adalah salah satu cara pemerintah, untuk menjembatani pekerja dan perusahaan. 

“Ketika nantinya sudah mendapatkan pekerjaan, maka perbanyaklah bersyukur. Terutama untuk gaji (UMK) 2018 yang sebesar 1.739.360, hal itu sudah sesuai dengan peraturan pemerintah pusat. Maka bekerjalah dengan baik,” pungkas Marzuqi. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...