Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Gembiranya Ratusan Anak TK Al Firdaus Purwodadi saat Belajar Padamkan Api

Ratusan siswa TK Al Firdaus Purwodadi sedang menimkati guyuran air yang dilakukan petugas pemadam kabakaran di alun-alun, Rabu (23/11/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebanyak 155 siswa TK Al Firdaus Purwodadi mendapat pelajaran dari petugas pemadam kebakaran (damkar) mengenai cara-cara memadamkan api, Rabu (23/11/2017).

Belasan petugas damkar bergantian memberikan contoh cara memadamkan api yang dilangsungkan di alun-alun. Selain guru, sejumlah orang tua dan wali murid juga terlihat ikut mendampingi acara pelatihan tersebut.

Meski cuaca sempat gerimis namun para siswa tampak bersemangat dan bergembira mengikuti kegiatan yang tidak pernah didapat di bangku sekolah tersebut. Terutama saat sesi terakhir berupa cara menyemprotkan air dari mobil pemadam ke titik kebakaran.

Air yang memancar langsung disambut sorak-sorai ratusan siswa. Tidak lama kemudian, anak-anak yang sudah mengenakan jas hujan itu langsung berebut untuk bermain dibawah guyuran air.

”Asik, airnya banyak sekali. Ayo, hujan-hujan,” teriak anak-anak itu sambil berlarian.

Selain pelatihan dasar pemadaman api, petugas juga memberikan materi seputar masalah kebakaran. Antara lain, soal penyebab kebakaran yang selama ini sering terjadi. Kemudian, tindakan awal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran juga diberikan pada siswa tersebut.

”Harap adik-adik ketahui, kebakaran itu seringkali terjadi karena kecerobohan. Oleh sebab itu, jangan pernah bermain-main dengan api ketika ada di rumah,” pesan Kasi Damkar Paiman yang memimpin pelatihan tersebut.

Paiman menyatakan, pihaknya merasa sangat senang dengan inisiatif dari pihak sekolah untuk dikenalkan cara-cara memadamkan kebakaran. Sebab, dengan langkah itu para siswa itu setidaknya sudah punya bekal pengetahuan. Diharapkan ketika ada musibah kebakaran di dekatnya mereka bisa membantu meminimalkan terjadinya korban yang lebih besar.

”Selama ini, sudah banyak yang minta diadakan pelatihan. Terus terang kami sangat mengapresiasi inisiatif dari sekolah ini,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...