Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Senangnya Peserta Isbat Nikah Ini bisa Foto Bareng Bupati Grobogan

424
Salah seorang peserta isbat nikah mendapat kesempatan foto bersama Bupati Grobogan Sri Sumarni dan sejumlah pejabat lainnya di sebuah pelaminan yang disiapkan di depan kantor wakil bupati. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganPasangan suami istri (Pasutri) yang menjalani isbat nikah semuanya mengaku senang dengan adanya program tersebut. Soalnya, status perkawinan mereka saat ini menjadi lebih pasti karena sudah tercatat oleh pemerintah. Disamping itu, anak-anak mereka bisa mendapatkan dokumen kependudukan gratis berupa akta kelahiran.

“Saya senang sekali ada program ini. Sekarang kami punya buku nikah dan anak-anak juga dapat akta kelahiran,” kata Darji (64), salah seorang peserta isbat nikah yang berasal dari Kecamatan Ngaringan, Senin (21/11/2017). 

Kebahagiaan beberapa pasutri makin bertambah karena mendapat kesempatan foto barang Bupati Grobogan Sri Sumarni dan para pejabat yang hadir dalam acara tersebut. Tempat foto bareng dilangsungkan di depan kantor wakil bupati yang dipermak layaknya pelaminan. Ada tiga pasutri yang dapat kesempatan istimewa tersebut.

“Wah, ini merupakan momen yang istimewa sekali. Selama ini saya tidak pernah bermimpi bisa foto bersama bupati dan banyak pejabat. Saya merasa seperi dapat sebuah kehormatan besar,” kata Sudiribowo, salah satu peserta isbat nikah yang dapat kesempatan foto bareng bupati dan pejabat tersebut.

Dalam sidang isbat nikah yang dilangsungkan di pendapa kabupaten itu diikuti 30 pasutri dari beberapa kecamatan. Di dalam pendapa, ada empat meja yang dipakai sidang. Masing-masing meja ada satu hakim tunggal. Dibelakangnya ada seorang panitera dan didepan hakim terdapat pasangan suami istri  (pasutri) dan dua orang saksi.

Sebagian pendapa sengaja dihiasi seperti yang terlihat saat acara pernikahan. Misalnya, ada pemasangan bleketepe atau hiasan janur, pisang dan tebu di depan pendapa. Kemudian ada pelaminan yang disiapkan di depan kantor wakil bupati untuk foto.

Dalam acara pelayanan terpadu sidang keliling ini dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Kajari Edi Handojo. Terlihat pula Ketua Pengadilan Agama Purwodadi Toha Mansyur, Kepala Kantor Kemenag Grobogan Hambali, Kepala Dispendukcapil Grobogan Moh Susilo, Kabag Hukum Fachruddin dan pejabat terkait lainnya.

Bupati Sri Sumarni menyatakan, Sidang Keliling Pelayanan Terpadu bertujuan  untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan di bidang hukum dan membantu masyarakat dalam memperoleh hak atas perkawinan, buku nikah, dan akta kelahiran yang dilakukan secara sederhana, cepat dan biaya ringan dalam waktu bersamaan.

“Ini kedua kalinya Pemkab Grobogan menggelar Sidang Keliling Pelayanan Terpadu  Isbat Nikah. Kegiatan ini kita biayai dari dana APBD,” katanya.

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.