Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kandang Ayam di Kudus Terbakar, Kerugiannya Wow…Capai Rp 3,5 Miliar

Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kudus menyemprotkan air dalam kandang ayam yang terbakar, Selasa (21/11/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sebuah kandang ayam di Desa Pasuruan Kidul Rt 3, RW 4, Kecamatan Jati, Kudus, Selasa (21/11/2017) subuh tadi terbakar. Meskipun yang terbakar hanya kandang ayam, namun kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp 3,5 miliar.

Jumlah kerugian yang sebesar itu muncul lantaran kandang ayam yang terbakar sangat besar. Selain itu seluruh isi kandang termasuk barang-barang di dalamnya juga ludes. Kandang milik H Arifin, warga setempat itu disebut berkapasitas sekitar 80 ribu ekor ayam.

Beruntung saat kejadian, kandang dalam kondisi kosong, karena ayam habis dipanen. Kalau kandang yang terbakar masih ada anyamnya, kerugian yang muncul jauh lebih besar.

Kanit Reskrim Polsek Jati, Ipda Harno mengatakan, kebakaran diketahui sekitar jam 04.45 WIB. Saat itu, api sudah cukup besar dan melahap kandang.

“Saat saksi melihat kandang yang terbakar, api berasal dari ujung timur kandang. Di sana, terdapat blower yang diduga korsleting dan menjadi penyebab kebakaran,” katanya saat meninjau lokasi kebakaran.

Proses pemadaman juga berlangsung cukup lama, yakni hingga pukul 06.30 WIB baru kandang yang terbakar benar-benar padam.

Menurut dia, kandang ayam yang berlokasi areal persawahan Blok Gedangan itu saat kejadian hanya ditunggui para pekerja. Pemilik tak ada di lokasi kebakaran karena beberapa hari yang lalu sudah panen.

“Sekitar 10 hari lalu sudah dipanen ayamnya. Jadi ini kondisinya kandang sudah kosong. Meski demikian, kandang ludes terbakar karena api yang begitu besar,” ujarnya.

Dikatakan dia, beruntung kejadian kebakaran tidak membawa korban jiwa. Kendati demikian, kerugian kandang ayam mencapai Rp 3,5 miliar lantaran luasnya kandang ayam dan fasilitas yang di dalamnya semuanya ludes terbakar.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...