Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Parade Laskar Kalinyamat Sabet Penghargaan Kategori Penyaji Unggulan di Karnaval Keprajuritan 2017


Tim karnaval dari Jepara sedang menunjukan koreografinya dalam ajang Karnaval Keprajuritan Nusantara 2017 di TMII Jakarta. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Kontingen Provinsi Jawa Tengah yang diwakili tim asal Kabupaten Jepara, menyabet penghargaan kategori Penyaji Unggulan, dalam Karnaval Keprajuritan Nusantara 2017. Ajang yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Minggu (19/11/2017) itu, diikuti sembilan provinsi dan bertujuan untuk memeringati Hari Pahlawan. 

Kontingen dari Jawa Tengah mengusung tema Laskar Kalinyamat. Rombongan diikuti oleh 150 orang, yang berdandan bak prajurit di masa pemerintahan Ratu Kalinyamat, yang berkuasa sekitar tahun 1500 an masehi. Kepemimpinannya menjadi legenda, karena ia adalah kaum perempuan namun keberaniannya dalam menantang imperialisme.  

Dalam beratraksi, masing-masing kontingen perwakilan dari provinsi di Indonesia diminta untuk menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan dan tamu undangan. Selanjutnya, mereka melakukan kirab dengan berjalan kaki dari Tugu Api Pancasila TMII menuju danau miniatur kepulauan dan berakhir di Sasono Langgen Bedaya.

Penghargaan kategori penyaji unggulan, diterima langsung Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dari Dirut TMII Bambang Soetanto. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan kebanggan tersendiri baik bagi Provinsi Jateng maupun tim dari Bumi Kartini. 

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara Udik Agus mengatakan, seluruh persiapan dan penampilan dari kontingen Jateng telah terbayar. Menurutnya, persiapan tak hanya tampilan luar namun juga mental para penari. 

“Alhamdulillah, kita bisa menyelesaikan parade karnaval menempuh jarak 2 kilometer. Meskipun ditengah guyuran hujan,” tutup Udik.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...