Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dapat Kiriman Air dari Blora dan Purwodadi, Bendung Wilalung Kudus Siaga III

Debit air Bendung Wilalung terus meningkat hingga siaga III, Jumat (17/11/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Hujan deras yang masih mengguyur kawasan Blora dan Purwodadi  berdampak pada penuhnya air di Bendungan Wilalung, di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan. Kondisi Bendung Wilalung kini sudah penuh dengan air atau peres.

Petugas jaga Bangunan Pengendali Banjir Wilalung Lama (BPBWL) Noor Ali mengatakan, status siaga sekarang adalah status paling gawat atau siaga tiga. Hal itu lantaran kondisi air di waduk sudah mampir memenuhi batas maksimal tampungan air

“Untuk siaga satu, 400 hingga 500 kubik, siaga II 500 hingga 550 dan untuk siaga tiga atau yang paling waspada adalah diatas 550,” katanya

Menurut dia, banyaknya air di sana merupakan kiriman dari Blora atau lebih tepatnya Sungai Lusi. Saat ini debet airnya sejumlah 694 meter kubik per jan 12.45 WIB. Melihat arus yang masih deras, kemungkinan air bertambah sangat memungkinkan. Apalagi, saat Purwodadi dan Blora hujan secara otomatis air bakal bertambah.

Disebutkan, kalau air mencapai 800 meter kubik, maka pintu air arah Pati akan dibuka. Hanya, jika kondisinya tak hujan lebat, pintu belum akan dibuka lantaran masih aman.

“Kalau tak hujan, paling sampai 700 meter kubik saja. Itu masih aman meski air sudah melimpas ke kawasan sawah sekitar Bandung Wilalung,” imbuhnya.

Narto, warga Desa Kalirejo, Undaan mengaku waspada akan adanya limpasan air. Karena kondisi airnya semakin meninggi. Hanya, melihat kondisinya sekarang, dia yakin masih aman selama tak ada hujan lebat lagi.

“Kalau air sudah memenuhi jalan kawasan Bandung Wilalung, maka dipastikan akan melimpas ke pemukiman jadi  bahaya kalau sampai jalan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...