MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir di Desa Mayahan Grobogan Ternyata Disebabkan Tanggul Jebol

414
Jebolnya ruas tanggul Kali Alam di Desa Plosorejo menyebabkan banjir di Desa Mayahan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Banjir yang melanda sebagian wilayah Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, sempat bikin heran warga setempat. Soalnya, sudah cukup lama tidak pernah terjadi musibah seperti itu.

”Dulu memang pernah ada banjir besar. Tapi sudah lama sekali. Kira-kira tahun 90 an,” kata Murtiyani, warga setempat.

Sejak banjir terakhir, tidak pernah ada lagi musibah serupa. Saat ada hujan lebat dalam kurun waktu lama, areal yang kebanjiran biasanya hanya sawah dan pekarangan.

”Beberapa hari sebelum banjir ini, sempat turun hujan deras sekali dan cukup lama. Tapi, tidak sampai terjadi banjir kayak ini,” cetus Siswanti, warga lainnya.

Baca: Banjir Landa Desa Mayahan Grobogan, Ratusan Rumah Warga Terendam

Dari penelusuran dilapangan, banjir tersebut ternyata berasal dari jebolnya ruas tanggul Kali Alam di Desa Plosorejo yang letaknya ada di timur Desa Mayahan. Tanggul disisi barat tersebut jebol sepanjang 8 meter dan lebar jebolannya sekitar 3,5 meter. Akibat ada tanggul jebol, sebagian air dari Kali Alam tersebut meluap ke areal persawahan dan berlanjut hingga ke perkampungan warga di Desa Mayahan.

Kepala Desa Mayahan Sairozi membenarkan jika banjir di desanya disebabkan adanya ruas tanggul jebol di Desa Plosorejo tersebut. Ia sudah sempat mengecek ke lokasi jebolnya tanggul tersebut.

Baca: Sekolahan Terendam Air, Ratusan Siswa SDN 01 Mayahan Grobogan Diliburkan

”Sebelumnya tidak pernah ada banjir meski hujan deras. Banjir kali ini penyebabnya ada tanggul jebol di sebelah barat Desa Plosorejo. Adanya tanggul jebol membuat volume air yang menuju ke Desa Mayahan jadi bertambah besar sehingga bikin banjir,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Grobogan Subiyono ketika dimintai komentarnya menyatakan, laporan tanggul jebol sudah diterima. ”Saya sudah perintahkan agar dicek dan segera ditangani,” katanya.

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.