Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bahaya, Angkot Angkut Siswa di Atas Mobil di Batang

Polisi mengadang angkutan kota (angkot) di Warungasem, Batang. (Humas Polres Batang)

MuriaNewsCom, Batang –  Polisi mengadang salah satu mobil angkutan kota (angkot) jurusan Pekalongan-Bandar, di jalan raya Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Aparat memberhentikan angkot karena mengangkut beberapa siswa di atas mobil.

Kapolsek Warungasem Polres Batang AKP Akhmad Almunasifi menghentikan kendaraan dan menurunkan beberapa siswa yang naik di atap kendaraan. Hal tersebut dilakukan pada saat patroli. Setelah menepikan mobil, para siswa pun turun.  

“Mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas serta berada di atas atap mobil. Bahkan ada yang bergelantungan di pintu. Itu sangat berbahaya bagi keselamatan dan juga melanggar aturan,” kata Almunasifi dikutip Tribratanews, Rabu (15/11/2017)

Menurut Kapolsek, hal itu terjadi karena penumpang dan sopir cuek dengan keselamatan diri. Ditambah lagi, di Warungasem belum pernah ada kejadian penumpang terjatuh dari angkutan umum, sehingga sopir merasa tidak masalah membiarkan penumpang di atas atap dan  bergelantungan.

“Apa harus ada kejadian dulu baru mereka sadar Justru sebelum ada kejadian semua pihak harus sadar?,” tanyanya kepada awak angkot itu.

Sopir angkot memperbolehkan penumpang naik di atap dan bergelantungan, itu sama saja melanggar hukum. Karena tidak sebagaimana mestinya yang  dapat menyebabkan kecelakaan dan berakibat fatal bahkan bisa jatuh korban jiwa.

Polisi mengimbau agar para sopir angkot maupun kendaraan pengangkut barang untuk patuhi aturan dan sesuaikan peruntukanya.

Selanjutnya, setelah memberikan imbauan baik pada sopir ataupun pelajar, petugas mencatat identitas dan teguran keras pada sopir. Sedangkan penumpang diturunkan beralih ke kendaraan lain.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...