Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

3.381 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Candi di Kudus

Papan razia terpampang jelas di pintu masuk Polres Kudus saat pemeriksaan kelengkapan kendaraan, Kamis (10/8/2017). (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Kesadaran masyarakat Kudus untuk mengenakan helm nampaknya masih rendah. Terbukti, dalam Operasi Zebra Candi 2017 terdapat ribuan pelanggar. Ironisnya, pelanggan didominasi pada kendaraan roda dua yang pengendaranya tak mengenakan helm.

KBO Satlantas Polres Kudus Iptu Sucipto mengatakan, total pelanggaran dalam Operasi Zebra mencapai 3.381 pelanggaran. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang ditilang mulai dari kendaraan sepeda motor dan mobil.

“Dari jumlah tersebut, paling banyak memang sepeda motor yang mencapai 2.351. Dan dari jumlahnya, 570 pengguna jalan tidak mengenakan helm,” katanya Rabu (15/11/2017).

Menurut dia, jumlah pelanggaran tak mengenakan helm itu tersebar di semua wilayah operasi. Mulai dari perkotaan hingga kawasan permukiman.

Disebutkan, tren pelanggaran tersebut bergeser dari kebanyakan yang tak memiliki surat seperti SIM dan STNK. Karena, yang tak memiliki surat kendaraan sejumlah 204 pengguna jalan.

“Selain helm, pelanggaran yang muncul  selama operasi juga 222 bonceng lebih dari satu serta melawan arus 293 pelanggar,” ungkap dia.

Ditambahkan, Selama operasi Zebra Candi di Kudus, jumlah laka total 12, luka ringan sembilan dan meninggal tiga orang. “Setelah operasi zebra hari ini selesai, dilanjutkan operasi lilin candi, masyarakat lebih tertib dan waspada,” imbuhnya

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...