Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Drum Bekas Berisi Bom di Kudus Didapat dari Pengepul Rongsok

Lima bom asap diamankan di Makodim Kudus untuk penyelidikan lebih lanjut. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Temuan bom asap di dalam drum bekas oleh seorang perajin pisau di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo memang membuat penasaran. Apalagi, bom tersebut masih aktif lengkap dengan pemicunya.

Temuan itu sempat membuat geger warga setempat. Lantas dari mana sang perajin dapat drum bekas tersebut?

Komandan Kodim (Dandim) Kudus/0722, Letnan Kolonel Infantri Sentot Dwi Purnomo menjelaskan bom asap yang ditemukan Solikin, seorang pembuat pisau di Desa Hadipolo RT 3 RW 2 memang berada di dalam drum bekas.

Baca: Warga Jekulo Kudus Temukan Lima Bom Asap Aktif Dalam Drum Bekas

Drum tersebut didapatkan dari pengepul rongsok langganannya di Kudus. Karena sudah sering mengambil dari pengepul tersebut, ia pun tak memeriksanya lagi.

Hanya, sekitar pukul 12.00 WIB, Solikin yang melakukan pembongkaran dan pemotongan drum bekas tersebut dibuat terbelalak. Ia menemukan benda aneh berwarna hijau lengkap dengan martil.

”Karena penasaran dengan temuannya itu, Solikin mencongkel tutup bom. Karena tak ada reaksi, akhirnya bom tersebut dibiarkan begitu saja,” katanya.

Baca: Penasaran, Bom Asap yang Ditemukan di Kudus Sempat Dibuka Paksa

Namun sekitar pukul 14.30 WIB, bom yang dicongkel nampak menyala. Akhirnya penemuan barang tersebut dilaporkan kepada Babinsa Koramil Gebog, yang kebetulan adalah tetangganya..

Dengan demikian, lanjut dia, satu bom asap memiliki keadaan yang rusak pada bagian atas. Sedang empat lainya masih dalam kondisi baik.

Saat ini, bom asap diamankan di Makodim Kudus. Penyelidikan juga masih dilakukan oleh Kodim Kudus bersama Polres Kudus.

Sebelumnya, Warga Jekulo Kabupaten Kudus digegerkan dengan temuan bom asap di dalam drum bekas, Selasa (14/11/2017) sore. Bom asap tersebut diperkirakan masih aktif lantaran masih lengkap dengan pemicu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...