Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Taksi Online Wajib Menginduk Pada Koperasi, Begini Tanggapan Organda Jepara

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Jepara – Taksi berbasis aplikasi (online) wajib menginduk pada perusahaan atau koperasi. Hal itu sesuai dengan amanat Permenhub Nomor 108/2017 yang berlaku 1 November lalu. Hal itu berlaku di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jepara. Di Bumi Kartini sendiri, beberapa taksi online sudah beroperasi.

Hal itu mendapatkan perhatian khusus dari Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jepara. Ketua Organda Jepara, Samsul Arifin mengatakan, saa ini koperasi angkutan baru dimiliki oleh armada taksi berpelat kuning.

Ia mengatakan, koperasi taksi pelat kuning di Jepara enggan bergabung atau beralih ke taksi berbasis aplikasi. Alasannya hal itu akan menguntungkan aplikasi.

“Kami yang sudah pelat kuning, kesulitan untuk bertahan. Jadi kecil kemungkinan (koperasi taksi pelat kuning) mau bergabung dengan perusahaan aplikasi,” tuturnya, Sabtu (11/11/2017).

Menurutnya, kini mereka tengah bertahan dengan gempuran taksi aplikasi. Selain itu, adapula kendaraan pelat hitam, yang justru digunakan untuk mengangkut pekerja perusahaan.

Samsul mengatakan, telah mengetahui tentang aturan baru menteri perhubungan. Meski demikian, dirinya masih menunggu aturan teknis terkait pelaksanaannya. 

Terpisah, Kabid Perhubungan Darat Dishub Jepara Setyo Adhi mengungkapkan, taksi aplikasi diberikan waktu tiga bulan untuk melaksanakan aturan itu. Terkait sosialisasi, pihaknya telah melakukannya melalui Organda, baik untuk angkutan umum maupun berbasis aplikasi.

Editor : Ali Muntoha

Baca : Tarif Taksi Online di Jateng Tengah Digodok Dishub dan Organda

Comments
Loading...