Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Akses Antardesa di Bandungharjo Grobogan Akhirnya Bisa Dilalui Kendaraan

Petugas BPBD dan relawan membantu membersihkan pohon yang berada di jalan utama Bandungharjo Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganSetelah sempat tertutup sehari semalam, akses jalan penghubung antar desa di Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan akhirnya bisa dibuka kembali dan dilalui kendaraan.

Sebelumnya, akses dari Desa Bandungharjo dan Desa Genengsari sempat putus karena ruas jalan dipenuhi ratusan pohon tumbang akibat terjangan puting beliung pada Kamis (9/11/2017) malam.

”Pagi tadi, jalan antardesa itu sudah bisa dilewati kendaraan. Pohon tumbang yang melintang jalan sudah ditangani banyak pihak,” kata Kades Bandungharjo Suwadi, Sabtu (11/11/2017).

Penanganan pohon tumbang masih bersifat darurat. Batang pohon yang melintang jalan untuk sementara hanya dipinggirkan dulu agar tidak menutup akses transportasi. Adanya ratusan pohon tumbang berukuran besar membuat proses penanganan butuh waktu serta banyak tenaga yang terlibat.

”Untuk pohon yang kecil bisa dipotong pendek-pendek dan dibawa pemiliknya. Kalau yang ukurannya besar dipinggirkan dulu biar tidak menghalangi jalan. Selanjutnya, biar ditangani yang punya pohon sendiri,” jelasnya.

Hingga hari kedua pasca bencana, banyak warga yang terlihat masih memperbaiki rumahnya yang sebelumnya sempat rusak kena terjangan angin. Sebagian warga ada yang membersihkan pohon tumbang disekitar rumahnya.

Selain itu, sejumlah petugas dari PLN juga terlihat sedang memperbaiki jaringan listrik. Saat puting beliung melanda, banyak kabel listrik yang putus tertimpa pohon tumbang.

”Setelah ada kejadian, aliran listrik disini memang dimatikan karena banyak kabel putus. Sejak kemarin, rekan dari PLN sudah melakukan perbaikan. Saat ini, masih ada beberapa titik yang aliran listriknya belum menyala karena sedang diperbaiki,” jelas Suwadi. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...