Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mahasiswa dan Karang Taruna Tanam Ribuan Pohon di Pegunungan Kendeng

Tokoh setempat, Krisno menerima bibit pohon dari mahasiswa dan Karang Taruna untuk aksi tanam 4.000 pohon di kawasan Gunung Kendeng, Sabtu (11/11/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Puluhan mahasiswa asal Pati di Semarang dan pemuda Karang Taruna Pati menggelar aksi tanam pohon di Gunung Kendeng, Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Sabtu (11/11/2017).

Aksi penghijauan itu dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Mereka ingin menunjukkan bahwa pemuda punya peran andil di berbagai aspek untuk mengisi kemerdekaan, termasuk bidang lingkungan hidup.

“Ada sembilan kampus yang berpartisipasi, yaitu teman-teman mahasiswa Pati yang kuliah di UIN Walisongo, Unwahas, Unnes, Polines, Undip, Politekes, UPGRIS, Unissula dan USM,” ujar Mustofa, perwakilan mahasiswa asli Pati di Semarang.

Sedikitnya ada 4.000 bibit pohon yang ditanam dari berbagai jenis, terutama kayu-kayuan keras dan buah-buahan. Untuk tanaman keras, mereka menanam trembesi dan mahoni.

Sementara tanaman buah, ada segawe, petai, rambutan, durian, matoa, mangga, dan berbagai tumbuhan buah-buahan lainnya. Ribuan bibit pohon yang ditanam diharapkan bisa menjaga kelestarian lingkungan di kawasan objek wisata Bukit Pandang.

Krisno, tokoh setempat menambahkan, ribuan bibit pohon tersebut disebar di lahan seluas 6 hektare. Karena itu, ia melibatkan banyak pihak untuk menyukseskan aksi tanam 4.000 pohon tersebut.

“Kami melibatkan mahasiswa Pati-Semarang, pemuda Karang Taruna Pati, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, dan anak-anak pelajar SMA di kecamatan Kayen,” tuturnya.

Dia berharap, program penghijauan di Pegunungan Kendeng dapat mengurangi risiko longsor, banjir, dan kekeringan. Selain itu, tanaman keras dan buah-buahan diproyeksikan ikut mewarnai kompleks wisata Bukit Pandang.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...