Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jadi Perhatian Pengendara, “Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga” Ikut Operasi Zebra Candi

Petugas memeriksa surat kendaraan bermotor milik pengendara yang terjaring Operasi Zebra Candi, Kamis (9/11/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ada yang berbeda dalam Operasi Zebra Candi 2017 di Jalan A. Yani, Kamis (9/11/2017) sore. Itu lantaran, ada beberapa anggota polisi yang mengenakan pakaian adat Kudus, Sunan Kudus, hingga Sunan Kalijaga saar razia digelar.

Dari pantauan di lapangan, ada empat petugas mengenakan pakaian adat Kudus, satu petugas berpakaian ala Sunan Kudus, dan seorang lagi mengenakan pakaian ala Sunan Kalijaga.

Hal itu sontak menarik perhatian pengendara. Tak jarang pengendara yang terkena razia, mengajak foto bersama petugas yang mengenakan kostum wali.

Baca: Belasan Pemandu Karaoke dan  PSK di Lokalisasi Mawar Indah Pati Diciduk Polisi

Satu di antaranya Dina, pengendara yang terjaring razia di gang 1 Kudus, jalan A. Yani. Usai diperiksa petugas, ia langsuung mengajak petugas berkostum wali berfoto bersama.

“Tak seperti biasa, ada wali yang ikut razia. Jadi sekalian ajak foto,” katanya.

Tak hanya berpakaian wali, dalam operasi Zebra tersebut juga terdapat polwan yang mengenakan pakaian adat khas Kudus. Sama halnya kedua wali, polwan yang berpakaian adat Kudus juga ramai diajak foto bersama.

Wakapolres Polres Kudus M Ridwan mengatakan, adanya dua wali dan polwan berpakaian adat Kudus sekaligus untuk mengenalkan kearifan lokal. Mereka bertugas bukan untuk menindak pelanggaran melainkan memberi tahu pengendara larangan dalam berkendara.

“Seperti misalnya mengenakan handphone selama mengendarai motor dan mobil tidak diperbolehkan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...