Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Berkinerja Baik, Bupati Pati Haryanto Bakal Terima Penghargaan dari Presiden Jokowi

Bupati Pati Haryanto berjabat tangan dengan Kapolsek Pati Iptu Pujiati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto akan segera menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan itu dijadwalkan diterima di Kemendagri, Jumat (10/11/2017).

Haryanto dinilai memiliki kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tahun 2015.

Selain Haryanto, pemimpin daerah lain yang akan menerima penghargaan yang sama, antara lain Bupati Banyuwangi, Karanganyar, Probolinggo, Kuningan, Walikota Bandung, Banjar, Gorontalo, Makassar, Sukabumi, Bontang, dan Gubernur Kalimantan Timur.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Pati Puji Istianto mengatakan, prestasi Kabupaten Pati mengalami kenaikan peringkat yang signifikan setiap tahunnya. Sejak dipimpin Haryanto pada 2012, Pati secara terturut-turut menempati peringkat 37, 33, 17 dan saat ini bertengger pada peringkat 10 besar nasional.

“Sebelum dipimpin Bupati Haryanto, Pati sempat mengalami keterpurukan hingga berada di peringkat terakhir dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Setelah Bupati Haryanto memimpin, bertahap tapi pasti saat ini Pati berada di peringkat sepuluh besar tingkat nasional,” jelas Puji.

Adapun sejumlah aspek yang menjadi penilaian, di antaranya pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah dan laporan kinerja instansi pemerintah daerah.

Ada pula sejumlah aspek penilaian lain seperti kebijakan, kelembagaan, dan sumber daya manusia (SDM) pada otonomi daerah. Setelah dilakukan penilaian, Pati akhirnya masuk dalam sepuluh daerah di Indonesia berkinerja terbaik.

Editor: Supriyadi

Ruangan komen telah ditutup.