Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gus Shola dari Jepara dan 2 Tokoh Ini Bersaing Jadi Ketua GP Ansor Jateng

632
H Sholahuddin Aly dalam konsolidasi dengan PC dan PAC GP Ansor Jepara, Minggu (5/11/2017). (NUjateng.com)

MuriaNewsCom, Semarang – Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah bakal menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) untuk memilih pengurus baru. Konferwil akan digelar pada 12 November 2017 di Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Dalam konferwil itu akan dipilih ketua GP Ansor yang baru untuk masa khidmat 2017 – 2021. Penetapan konferwil ini setelah dilakukan Rakerwil pada 28-29 Oktober 2017 lalu di Ponpes Kyai Parak Bambu Runci, Parakan, Temanggung.

“Konferwil akan diikuti 1.540 peserta. Terdiri dari 35 pimpinan cabang dengan masing-masing 4 perwakilan, serta 409 pimpinan anak cabang masing-masing 3 perwakilan,” kata Ketua PW GP Ansor Jateng, Ikhwanudin, Selasa (7/11/2017).

Saat ini menurut dia, ada tiga calon kuat yang muncul sebagai kandidat. Yakni Sholahuddin Aly, kader dari Jepara  yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris PW GP Ansor Jawa Tengah.

Selain Sholahudin Aly atau akrab disapa Gus Shola, dua kandidat lain yakni Wahidin Said (kader dari Kendal) dan Fahsin M Faal (kader dari Demak).

Ikhwan menjelaskan, konferwil merupakan forum tertinggi di tingkat wilayah atau provinsi, dengan agenda utama yaitu pemilihan ketua baru untuk masa khidmah 4 tahun ke depan (2017-2012).

Menurut Ikhwan, secara umum persyaratan seseorang untuk dapat berkompetisi adalah yang bersangkutan harus benar-benar kader Ansor dan berprestasi. Yang bersangkutan juga harus memenuhi persyaratan administrasi dan syarat lain yang telah ditentukan dalam peraturan organisasi.

“Prinsipnya, mereka yang sudah menempuh jenjang kaderisasi tertinggi, yakni Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) berhak untuk mengajukan diri menjadi kandidat/calon ketua,” tegas Ikhwan.

Munculnya nama Gus Shola dalam bursa calon ketua GP Ansor Jateng mendapat dukungan kuat dari PC GP Ansor Jepara. Minggu (5/11/2017) kemarin, diadakan konsolidasi PC dan PAC GP Ansor se-Kabupaten Jepara.

Baca : Pengurus Jadi Penyelenggara Pemilu, Konferwil Ansor Jateng Dipercepat

Ketua PC GP Ansor Cabang Jepara, Syamsul Anwar menyatakan Gus Shola adalah salah satu kader terbaik Ansor. Ia disebut sebagai sosok yang mau mengawal dan selalu hadir di momen-momen penting cabang dan anak cabang Ansor semisal PKL, pelantikan PAC Ansor dan sebagainya.

“Sudah selayaknya dan sepantasnya kita mendukung kader terbaik Jepara menjadi Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah,” terang Syamsul.

Sementara itu, H Sholahuddin Aly menyebut, ke depan GP Ansor semakin banyak tantangan. Di antara yang paling penting memasifkan program Rijalul Ansor.

“Generasi kita tetap butuh gerakan-gerakan cultural, namun di sisi lain tergolong generasi milenial yang banyak berinteraksi dengan teknologi informasi. Sehingga Rijalul Ansor penting untuk menjadi penyeimbang terhadap informasi yang masuk dari media online dan gerakan-gerakan kultural,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.