Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Calon Gubernur Jateng Pilihan Megawati Bakal Diumumkan Januari

Megawati Soekarno Putri. (Dok)

MuriaNewsCom, Semarang – PDI Perjuangan belum menentukan siapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilgub Jateng 2018 mendatang. Diperkirakan, rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, baru akan turun mepet pembukaan pendaftaran oleh KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng telah mengumumkan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur akan dibuka pada Jateng pada 8-10 Januari 2018. Sehingga diperkirakan rekomendasi baru akan turun di awal Januari 2018.

Prediksi ini dikatakan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Rukma Setyabudi. Prediksi ini mendasarkan pada kebiasaan Megawati yang selalu mengeluarkan rekom pada detik-detik akhir.

Pada Pilgub Jateng 2013 lalu, rekomendasi yang diberikan kepada Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko juga turun menjelang penutupan pendaftaran di KPU.

“Kayaknya awal Januari. Kita tidak ada yang tahu. Bu ketum yang tahu. Tapi kebiasaan beliaunya seperti itu,” katanya.

Ketua DPRD Jateng itu menyebut, Megawati akan datang ke Markas PDIP Jateng pada Kamis  (9/11/2017). Namun belum bisa dipastikan apakah kehadirannya juga sekaligus mengumumkan siapa calon gubernur yang akan dipilih.

Saat ini sudah ada 19 kandidat yang mendaftar melalui PDI Perjuangan. Sebanyak 5 kandidat bakal calon Gubernur Jateng dan 14 kandidat bakal calon wakil Gubernur Jateng.

Menurut Rukma, kedatangan Mega untuk memantau langsung persiapan untuk pemenangan dalam Pilgub Jateng. Mega juga akan melihat sejauh mana tingkat elektabilitas kader-kadernya yang melamar menjadi calon gubernur maupun wakil gubernur Jateng.

Selain Megawti, Menko PMK, Puan Maharani juga akan hadir dalam acara tersebut.

“Ibu ketua umum akan datang 9 November habis kondangan (pernikahan anak Presiden Jokowi) di Solo. Kita semua ke sana. Rabu malam, Mbak Puan hadir di sini bertemu pengurus DPD dan DPC, dan bupati atau wali kota PDIPerjuangan, serta ketua DPRD se-Jateng. Malam itu kita sudah mulai di Panti Marhaen,” ujarnya.

Namun demikian Rukma mengakui kedatangan Megawati akan membakar semangat kader di Jawa Tengah. Rukma pun percaya diri akan memenangkan 7 pemilihan bupati/walikota dan 1 gubernur di Jateng.

“Memberikan semangat bagi kami. Kami ditunggoni ibune (ditunggui ibunya) semangat tinggi sekali. Persiapan tempur kita terdongkrak,” terangnya.

Ia yakin, PDI Perjuangan akan kembali sukses memenangkan pilkada ini. Terlebih partainya ia klaim mempunyai prestasi yang cukup gemilang.

PDI Perjuangan sukses meraih kedudukan 29 ketua DPRD dan 9 Wakil DPRD. Ia menyebut hal ini jadi capaian luar biasa bagi partainya. “Kita juga dapat jabatan 21 bupati dan wali kota,” tegasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...