Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Begini Rencana Prosesi Malem Midodareni Pernikahan Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution . (instagram @ayanggkahiyang)

MuriaNewsCom, Solo – Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melaksanakan prosesi upacara tebus kembar mayang saat malam midodareni di kediamannya di Solo pada Rabu (7/11/2017) mulai pukul 19.00 WIB.

Dilansir dari Solopos.com, penyiar RRI Solo, Sarie Nugraha, menceritakan dirinya diamanahi untuk menjadi tokoh Nyai Saroyo Jati saat pelaksanaan prosesi tumedaking kembar mayang.

Dia menjelaskan pelaksanaan prosesi tumedaking kembar mayang, yakni dimulai dengan Presiden Jokowi sebagai orang tua calon pengantin wanita menanyakan kepada putrinya apakah sudah siap untuk menikah. Kahiyang kemudian memantapkan diri dengan meminta syarat kepada orang tuanya untuk mencarikan kembar mayang.

Presiden Jokowi sebagai orang tua lantas menyanggupi permintaan putrinya dan mengutus Ki Saroyo Jati dan Nyai Saroyo Jati untuk mencarikan kembar mayang tersebut.

“Ketika Pak Jokowi menanyakan ke Mbak Kahiyang apakah sudah bersiap menikah, kemudian Mbak Kahiyang minta syarat sarana lestarining jejodohan yang dimaksud kembar mayang itu. Nanti Pak Jokowi memanggil Kyai Saroyo Jati dan Nyai Saroyo Jati untuk mencari syarat tadi,” jelas Sari saat ditemui solopos.com di depan kompleks Graha Saba Buana sebelum menghadiri geladi bersih pernikahan Kahiyang Ayu, Senin (6/11/2017).

Setelah menemukan kembar mayang, Ki Saroyo Jati dan Nyai Saroyo Jati memboyong kembar mayang tersebut untuk diserahkan kepada Presiden Jokowi. Kembar mayang lantas dipasang di pelaminan. Jika acara pernikahan sudah selesai, kembar mayang dibuang di perempatan jalan di dekat rumah atau di dekat tempat berlangsung upacara pernikahan. Hal itu dimaksudkan untuk membuang sial bagi kedua pengantin. Sarie menjelaskan acara midodareni bakal dipandu oleh MC Widarsi Suranto.

“Akhirnya kembar mayang nanti ketemu kemudian diserahkan ke Pak Jokowi. Kembar mayang kemudian dipasang di pelaminan. Kalau sudah selesai, kembar mayang dibuang di perempatan, tunjuannya untuk membuang sial.  Midodareni nanti dimulai pukul 19.00 WIB. Semua acara di rumah kediaman calon pengantin putri nanti dipandu Bu Widarsi, mulai dari siraman dan midodareni,” jelas Sarie.

Sarie menyampaikan urut-urutan prosesi pada acara midodareni, yakni pasrah tinampi paningset atau serah terima lamaran, tantingan, atur pandonga, pambagyaharja atau sambutan-sambutan, tumedaking kembar mayang, terakhir kancing gelung atau penyerahan oleh-oleh.

Jokowi) mengatakan saat ini persiapan acara pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan, Muhammad Bobby Afif Nasution telah siap 100%. Keluarga Jokowi tak mengundang tamu negara dalam acara itu.

“Ya alhamdulillah sudah selesai semuanya,” kata Presiden dalam kunjungan kerja di Desa Dungus, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Presiden Jokowi mengungkapkan rangkaian acara pernikahan akan dimulai pada Selasa (7/11/2017), yaitu siraman dan malam midodareni. Puncaknya adalah ijab kabul dan resepsi yang akan digelar pada Rabu (8/11/2017).

Presiden mengatakan tidak mengundang tamu dari negara asing pada resepsi pernikahan yang akan digelar di Gedung Graha Saba Buana Solo itu. “Ndak, ndak ada, nanti merepotkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa sebagian tamu yang akan diundang justru berasal dari kalangan masyarakat di Solo. “Ya kita undang dari pasar, dari pedagang kaki lima juga kita undang, dari RT/RW kita undang, semuanya,” ungkap Presiden.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Senin (6/11/2017), memimpin geladi bersih acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, di Solo.

Berdasarkan pantauan solopos.com, Senin pukul 10.00 WIB, forum pengarahan gladi bersih dilaksanakan di dalam gedung Graha Saba Buana, Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, secara tertutup. Kompleks Graha Saba Buana mulai diberlakukan steril kawasan dari masyarakat umum maupun awak media.

Forum gladi bersih acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba Buana diikuti para panitia. Bukan hanya itu, forum juga dihadiri keluarga dari kedua calon pengantin, termasuk dari keluarga Bobby. Ibunda Bobby Nasution, Ade Hanifah Siregar, tampak meminpin rombongan hadir di Graha Saba Buana pukul 10.30 WIB.

Saat ditemui awak media selagi berjalan masuk kompleks Graha Saba Buana Solo, Ade Hanifah, menjelaskan maksud kedatangannya kali ini untuk memastikan persiapan acara pernikahan antara putranya dengan putri Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah semua sehat. Mudah-mudahan acaranya lancar,” tutur Ade singkat.

Paman Bobby Nasution, Erwan Rozali Nasution, menambahkan hari ini keluarganya diundang untuk hadir dalam gladi bersih acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Graha Saba Buana. “Datang gladi terakhir saja. Memastikan biar clear semua. Kalau Bobby sudah siap,” jelas Erwan.

Sementara itu, Kapenrem 074/Warastratama, Kapten (Inf) Alfian Yudha, mengatakan dalam gedadi bersih terakhir kali ini digelar juga simulasi arak-arakan kereta kencana yang bakal membawa calon pengantin pria dan calon pengantin perempuan.

“Hari ini disimulasikan pelaksanaan acara untuk hari H. Ada penghulunya datang. Kemudian ada juga simulasi calon pengantin dari masuk, di dalam saat resepsi. Kemudian juga simulasi dari perubahan dari ijab acaranya duduk berubah jadi standing party. Nanti dicek juga saat pelaksanaan bagaimana ada kendala. Kami simulasikan acara real time-nya. Mulai awal tamu datang dan juga kembali. Simulasi juga ubtuk kegiatan arak-arakan pengatin putra dan putri,” kata Alfian kepada wartawan.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...