Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Difabel Juga Ingin Berpartisipasi Aktif Dalam Pelaksanaan Pemilu

Sejumlah kaum difabel tergabung dalam wadah olahraga NPC. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Kaum difabel di Jepara ingin dilibatkan aktif dalam pelaksanaan pemilihan umum.

“Menurut kami kaum difabel belum banyak berperan dalam kegiatan pemilu. Malah ada kesan jika para difabel mengikuti ajang tersebut justru menghalang-halangi kerja tersebut. Ada kesan begini, apa sih kok ini nyrempang-nyrempangi wae (menghambat saja),” kata Ketua Komunitas Bina Akses Jepara Budi Mulyo, Senin (6/11/2017).

Oleh karena anggapan itu, ia merasa difabel hanya menjadi penonton saja. Padahal, lanjut dia, anggota komunitas tersebut mampu dalam melaksanakan tugas terkait pemilu, terutama pengawasan. 

Selain itu, banyak pula mereka kaum difabel yang terlibat dalam kegiatan sosial. Hal itu menurut Budi, merupakan modal penting untuk bisa berperan aktif dalam pengawasan pemilu.

Terpisah, Ketua Panwaslu Jepara Arifin menyambut baik antusiasme tersebut. Ia menegaskan, bahwa difabel bisa berpartisipasi sebagai pengawas pemilu. 

“Hanya saja, pada saat seleksi penerimaan Panwascam kemarin tidak ada yang mendaftar. Kesempatan masih ada, mungkin bisa berpartisipasi saat pendaftaran Panitia Pengawas Lapangan (PPL),” tutup Arifin. 

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...